Amankan 3 Kilo Shabu Selama 2020, BNNP Klaim Penyalahgunaan Narkotika di Sultra Menurun

80
Proses pemusnahan Barang bukti berupa Narkotik dan Obat Obatan terlarang di Kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Provinsi Sulawesi Tenggara (FOTO : NURSADAH)

BeritaRakyat.id., Kendari – Sejak 2020, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah mengamankan dan memusnahkan sedikitnya 3 kilogram (Kg) shabu siap edar. Barang bukti ini disita dari tangan sejumlah tersangka penyalahgunaan narkoba yang berhasil diungkap.

Sejumlah barang bukti itu telah dimusnahkan dengan menggunakan mesin
Inseminator. Sejak 2020 pun, BNNP Sultra telah empat kali mengadakan pemusnahan barang terlarang tersebut.

Kepala BNNP Sultra, Brigjend Drs Ghiri Prawijaya MTh mengatakan, pemusnahan itu dilakukan sebagai bentuk transparasi pihaknya dalam upaya pemberantasan penyalahgunaan narkoba tersebut.

“Berikutnya lagi masih ada sekitar 1 kilo lebih menunggu antrian (untuk dimusnahkan),” ujar Ghiri, ditemui usai pemusnahan barang bukti 353 gram shabu di belakang Kantor BNNP Sultra, Rabu (19/08/2020).

Kegiatan pemusnahan dengan menghadirkan sejumlah pihak terkait termasuk tersangka ini, menurutnya, sebagai salah satu bentuk transparasi kepada masyarakat bahwa pihaknya serius menangani penyalahgunaan narkotika agar tidak terus berkembang di tengah masyarakat.

Baca Juga :  Perbaiki Jalan Rusak, PT Asmindo Dapat Apresiasi dari Warga

“Intinya adalah terima kasih atas kepercayaan dari pada semua masyarakat yang terus mensuport kami, hingga lebih bersemangat lagi memberantas narkoba,” ujarnya.

Dikatakan, BNNP Sultra terus melakukan berbagai upaya untuk menekan peredaran narkoba di Bumi Anoa ini. Ghiri pun mengklaim penyalahgunaan narkotika di Sultra tahun ini menurun dari tahun sebelumnya, namun tidak menyebutkan angka pasti penurunan yang dimaksud.

“Yang pasti tertangkapnya tahun ini diimbangi juga dengan pencegahan dan kampanye-kampanye yang lebih masif, sehingga orang tidak tertarik lagi bisnis narkotika di wilayah kita,” tandasnya.

NURSADAH