5.688 Petugas KPPS Menunggu Hasil Rapid Test

95
Ketua KPU Konsel Aliudin (FOTO: AKBAR)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara, telah mengikuti rapid test pada 27-28 November 2020.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum. (KPU) Konsel, anggota KPPS yang mengikuti rapid test sebanyak 5.688. Mereka mengikuti proses pemeriksaan kesehatan untuk mendeteksi penularan Covid-19 itu di sejumlah puskesmas yang tersebar di 25 kecamatan yang ada di Konsel.

Ketua KPU Konsel Aliudin memastikan, seluruh anggota KPPS telah menjalani rapid test. Sehingga mereka yang ditugaskan pada saat pemungutan suara 9 Desember mendatang, dipastikan aman dari paparan virus Corona.

“Kami tinggal menunggu hasil dari rumah sakit, apakah ada yang reaktif atau non reaktif,” terang Aliudin melalui sambungan telepon, Sabtu (05/12/2020).

Lebih lanjut disampaikan Aliudin, bagi anggota KPPS yang hasil rapid test-nya dinyatakan reaktif, maka mereka harus melakukan tes swab untuk memastikan kondisinya benar-benar aman dari virus.

Baca Juga :  Hadiri HUT KPPG Sultra, Ini Harapan Ketua DPD Golkar

“Tes swab harus dilakukan untuk menentukan apakah mereka positif Covid-19 atau negatif Covid-19, sehingga mereka bisa bekerja pada tempat pemungutan suara (TPS) pada 9 Desember nanti,” ujarnya.

Sementara itu, logistik Pilkada berupa alat pelindung diri (APD) sudah mulai didistribusikan di masing-masing kecamatan.

“Mulai hari ini sudah didistribusikan di 25 kecamatan di Konsel,” tuturnya

Sedangkan logistik surat suara, dan logistik pemungutan suara lainnya akan di distribusikan mulai tanggal 6 – 8 Desember.

“Kita pastikan tanggal 7 sudah rampung, ” tutupnya.

AKBAR/NURSADAH