Anggaran Dana Desa Latampu 2021 Prioritaskan Pembangunan Gedung Paud dan Saluran Irigasi

194
Sekretaris Desa Latampu Amrin Ali (FOTO : BURHAN ODE)

BeritaRakyat.id, Muna – Pemerintah desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Latampu Kecamatan Parigi Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara, telah melaksanakan musyawarah desa dalam rangka prioritas pembanguna desa 2021.

Musyawarah tersebut dihadiri pemerintah desa, pendamping desa, pendamping lokal desa, anggota BPD, tokoh agama, tokoh pemuda, dan tokoh masyarakat.

Sarmin Ali, selaku Sekretaris Desa Latampu mengatakan, musyawarah tersebut menghasilkan dua kesepakatan, yakni pembangunan fisik gedung pendidikan anak usia dan saluran irigasi persawahan.

“Jadi prioritas pembangunan Desa Latampu itu ada 2 yang pertama PAUD karena berkaitan dengan stanting dan yang kedua saluran irigasi karena pertimbangannya masyarakat Desa Latampu rata-rata petani,” ucap Sarmin saat ditemui di salah satu hotel di Kota Kendari, Jumat (11/06/2021)

Ia menjelaskan, ada beberapa usulan masyarakat saat musyawarah. Salah satunya, pagar untuk perkebunan dan tandon tower untuk air bersih. Namun, karena keterbatasan anggaran sehinga hanya dua item kegiatan tersebut yang diakomodir pemerintah setempat.

Baca Juga :  Digelar Perdana, Vaksin Covid-19 di Konsel Diikuti Forkopimda

“Dari anggaran keseluruhan hanya itu yang bisa diakomodir karena yang lain itu sudah diatur di peraturan bupati seperti honor, 8 persen untuk Covid-19, Bantuan langsung tunai (BLT) dan lain-lain,” jelasnya.

Untuk itu, ia berharap pembangunan fisik tersebut dapat meningkatkan kualitas anak-anak Desa Latampu dan memenuhi kebutuhan masyarakat serta hasil yang maksimal.

“Saya berharap pembangunan fasilitas gedung PAUD dapat membentuk anak yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya, serta saluran Irigasi persawahan yang dapat dialiri air yang bisa memenuhi kebutuhannya sehingga mendapatkan hasil yang maksimal,” tutupnya.

BURHAN ODE/NURSADA