Anggaran Terbatas, Jalan Provinsi Laiba-Wakumoro Tak Diaspal Tahun Ini

6072
Burhanuddin Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sulawesi Tenggara (FOTO: BURHAN ODE)

BeritaRakyat.id, Muna РKondisi jalan Provinsi Raha-Lakapera poros Laiba-Wakumoro Kecamatan Parigi Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara (Sultra) rusak parah.  Pengaspalan jalan yang dijanjikan Pemprov Sultra pun sampai sekarang belum terealisasi.

Sekelompok massa yang menagih janji Pemprov Sultra telah memblokade jalan tersebut. Akibatnya, akses jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Muna dan Buton Tengah (Buteng) itu menjadi lumpuh total, sebab jalur kendaraan roda empat maupun roda dua terpalang tumpukan batu dan kayu.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga  Sultra Burhanuddin mengatakan, anggaran pengaspalan terbatas sehingga tidak sampai di titik poros Laiba-Wakumoro.

“Belum sampai, perencanaanya belum sampai di situ (Laiba-Wakumoro),” ucap Burhan, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (27/08/2021).

Baca Juga :  Bangun Perumahan, PT Anoa Putra Sejahtra Diduga Serobot Lahan Milik Warga

Ia menjelaskan, untuk APBD perubahan pihaknya hanya mengusulkan pemeliharaan jalan bukan untuk pengaspalan. Sehingga, dipastikan pengaspalan jalan poros Laiba-Wakumoro di 2021 ini tidak terealisasi.

“Kalau kita pengaspalan waktunya tidak cukup karena diperkirakan itu kalau misal kita aspal itu bisa kita lelang hampir dua bulan,” sambungnya.

Namun, ia berharap di 2022 nanti jalan provinsi yang belum diaspal bisa dianggarkan kembali.

“Mudah-mudahan di tahun 2022 bisa dianggarkan sisanya yang belum dilakukan pengaspalan,” tutupnya.

Reporter: Burhan Ode
Editor: Nursadah