Angkatan Muda Kolaka Didorong Bersertifikasi SKKNI

127
Suasana pembukaan bimtek dan sertifikasi bebasis SKKNI di Kabupaten Kolaka. (FOTO: YUSRI)

BeritaRakyat.id, Kolaka – Peningkatan sumber daya manusia (SDM) wirausahawan online perlu didorong di tengah masa pandemi seperti sekarang ini. Namun, para pelaku usaha mesti memiliki pengalaman dan pengetahuan, utamanya sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Hal ini pun menjadi perhatian Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka hingga bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI mengadakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) dan sertifikasi berbasis SKKNI bidang TIK. Kegiatan yang diikuti 55 Angkatan Muda Kabupaten Kolaka ini berlangsung 16 – 20 September 2020.

“Kabupaten Kolaka adalah salah satu yang utama memikirkan bagaimana membuka pekerjaan dengan memakai sertifikasi SKKNI yang dilaksanakan oleh Kementrian Kominfo,” ucap Kepala Dinas Kominfo Kolaka Muh Arnan Amry, Rabu (16/09/2020), saat memberikan sambutan di kegiatan bimtek tersebut.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Makassar, Ruslan Harun, menjelaskan bahwa kegiatan sertifikasi SKKNI tahun ini baru dilaksanakan di dua lokasi yang didominasi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Baca Juga :  Ingin Kembalikan Kejayaan Golkar di Kolaka, Farhana Mallawangan Maju Calon Ketua

“Selain kita melaksanakan yang bersifat online kita juga melaksanakan yang bersifat offline,” ujar Ruslan.

Ditambahkan, perbedaan SKKNI tahun ini dengan tahun sebelumnya yakni instruktur dan pengujinya itu bukan orang yang sama. Jika disamakan dengan tahun sebelumnya akan ada kongkalikong dalam pelaksanaannya.

“Saya berharap agar yang mengikuti kegiatan ini harus dengan niat yang baik dan serius, karena output dari kegiatan ini untuk peluang ke depannya akan diperdayakan oleh pemerintah,” tegasnya.

YUSRI/NURSADAH