Arsalim Perintahkan TAPD Konsel Serahkan Dokumen APBD-P dan RAPBD

579
Plt Bupati Konsel Arsalim Arifin

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) 2020 terhambat akibat belum diserahkannya dokumen oleh pihak eksekutif ke pihak legislatif setempat. Hal ini pun dikeluhkan anggota dewan.

Namun, pelaksana tugas (Plt) Bupati Konsel, Arsalim Arifin, telah menyikapinya dan memerintahkan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) untuk segera menyerahkan dokumen APBD-P tersebut untuk dibahas bersama anggota  DPRD.

“Saya sudah perintahkan kepada Sekda Konsel selaku ketua TAPD Konsel bersama kepala dinas pengelolaan keuangan dan aset daerah (DPKAD) untuk segera menyerahkan dokumen APBD-P di DPRD dan dibahas bersama,” ujar Arsalim Arifin kepada media ini, Rabu (01/10/2020).

Menurut wakil Bupati Konsel ini, dalam APBD-P 2020 ini tidak ada kegiatan pembangunan fisik dan pengadaan. Selain karena sebagian anggaran terserap dengan penanganan dan pencegahan Covid-19, juga waktu yang sudah masif, sehingga anggaran yang akan dibahas tinggal direfocusing saja.

Baca Juga :  PLT Kades Wantiworo Berpulang, Pemkab Muna Kehilangan

“Dalam satu dua hari ke depan diserahkan dokumen APBD-P, paling dibahasnya hanya sehari saja dan selanjutnya dapat ditetapkan menjadi Perda dan dilaksanakan hingga akhir tahun,” jelasnya.

Mantan Kepala Bappeda Konsel di era Bupati Imran itu juga mengaku, selain dokumen APBD-P, dirinya juga telah menyampaikan kepada TAPD untuk segera menuntaskan rancangan APBD (RAPBD) 2021 untuk dibahas di DPRD Konsel. Penetapannya paling cepat Oktober ini atau paling lambat  November.

“APBD 2021 ini juga sudah harus disinkronkan oleh semua kepala OPD melalui TAPD agar juga dibahas dan dikonsultasikan kepada pemerintah provinsi untuk selanjutnya ditetapkan menjadi Perda tahun 2020,” pungkasnya.

AKBAR/NURSADAH