Bakal Dihadiri Presiden Jokowi, HPN di Kendari Berlangsung Lima Hari

210
Sekda Sultra Hj Nur Endang Abbas (berhijab) bersama Ketua PWI Pusat Atal S Depari saat menggelar rapat bersama jajaran membahas agenda HPN di Kendari. (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id, Jakarta – Agenda Hari Pers Nasional (HPN) secara resmi telah dilaunching oleh Panitia Pusat PWI bersama panitia lokal Pemerintah Provinsi dan PWI Sulawesi Tenggara (Sultra). Untuk puncak acara puncak dilaksanakan pada tanggal 9 Februari 2022 dan tempatnya di halaman kantor Gubernur Sulawesi Tenggara di Kelurahan Anduonohu Kecamatan Poasia, Kota Kendari.

Pada hari puncak akan diberikan penghargaan pada pemenang Anugerah Adinegoro, dan Anugerah Kebudayaan kepada kepala daerah yang dinilai mengembangkan budaya daerahnya.

“HPN direncanakan akan hadir Presiden Joko Widodo bersama para menteri, duta besar, dan para tokoh pers nasional. Sama seperti peringatan HPN tahun tahun sebelumnya, yang selalu dihadiri presiden dan para tamu kehormatan,”ujar Sekda Sultra Hj Nur Endang Abbas usai mengikuti rapat bersama panitia HPN PWI Pusat di Jakarta, Selasa, (11/01/2022).

Hj Nur Endang Abbas selaku ketua panitia lokal HPN Sultra ini mengaku, sebelum acara puncak, Presiden akan melakukan pencanangan gerakan nasional rehabilitasi Mangrove di pesisir teluk Kendari.

“Sehari sebelumnya, Presiden juga dijadwalkan akan melepasliar hewan endemik Sulawesi Tenggara yaitu Anoa, juga Rusa dan Kakatua, di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai,”akunya.

Mantan Kepala BKD Sultra ini menambahkan, rangkaian kegiatan lain yang akan digelar di Kota Kendari, diantaranya Seminar Nasional Pertambangan, Pariwisata, juga Lingkungan Hidup, yang sebelumnya dilakukan Focus Group Discussion (FGD) oleh para pakar untuk melahirkan rekomendasi kebijakan bagi pemerintah. Seminar akan dihadiri sejumlah menteri terkait dan stakeholder di bidang masing-masing.

“Selain itu, dilaksanakan Forum Investasi oleh Kemenko Marves, Menteri BKPM, bersama para Dubes, Kadin, Pemerintah Daerah dan para pengusaha nasional maupun lokal,”tambahnya.

Baca Juga :  Tangani Kasus Penggunaan Jalan Umum oleh PT Baula, Polres Konsel Cek Lokasi

Sementara itu Ketua PWI Sultra Sarjono menambahkan, peringatan dan pelaksanaan HPN di Kendari dilaksanakan selama lima hari yakni sejak tanggal 5-10 Februari 2022 mendatang. Kegiatan HPN sesuai jadwal dan rundown sudah ditetapkan dan acaranya juga telah disusun.

“Selain yang disebutkan ibu Sekda selaku Ketua Panitia, juga ada sejumlah kegiatan lain. Seperti Kemenpora akan melaksanakan Diskusi Desain Besar Olah Raga Nasional bersama Seksi Wartawan Olah Raga PWI se-Indonesia, sekaligus memberikan penghargaan kepada inisiator olah raga, dalam acara Rapat Kerja Nasional SIWO PWI,”katanya.

Wartawan LKBN Antara ini juga menyebut kegiatan parade seni kebudayaan dari beberapa daerah di Indonesia. Pameran UMKM serta potensi pembangunan oleh Pemprov Sultra, pameran ekonomi kreatif, panggung hiburan rakyat, serta penampilan seni kontemporer. Dimeriahkan juga jalan santai untuk masyarakat umum Kota Kendari.

“Untuk kalangan media, akan diselenggarakan Konvensi Nasional Media Massa, Seminar Literasi Digital, Klinik Penulisan Kebudayaan, Pameran Pers, Forum Pemimpin Redaksi, Rapat Pimpinan Nasional Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), pertemuan dewan kehormatan PWI se-Indonesia, dialog kebudayaan dan workshop jurnalistik. Termasuk kegiatan sosial, Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) menggelar bakti sosial pembagian sembako di panti asuhan, Musyawarah Kerja Nasional, serta famili trip dan City Tour di tempat wisata di Kendari,”tutupnya.

MAN