Bangun Perumahan, PT Anoa Putra Sejahtra Diduga Serobot Lahan Milik Warga

104
Kuasa Hukum pemilik lahan Dahria Aneboa SH saat memberikan keterangan pers. (FOTO : ODEK)

BeritaRakyat.id,.Kendari- PT Anoa Putra Sejahtera diduga membangun perumahaan di atas lahan milik warga seluas 32.673 meter persegi.

Kuasa Hukum pemilik lahan, Dahria Aneboa SH mengatakan, atas penguasaan lahan secara paksa tersebut, pihaknya kini menggugat PT Anoa Putra Sejahtra secara perdata di Pengadilan Negeri (PN) Kendari, dengan nomor perkara 93/Pdt.G/2020/PN.KDI.

“Tindakan para tergugat dengan menguasai secara paksa lahan milik Ibu Hj Hasria Cs merupakan perbuatan zholim dan tak dibenarkan secara hukum,” ucapnya kepada awak media, saat ditemui di lokasi objek sengketa, Jumat (13/11/2020).

Ia menceritakan, pihak tergugat menunjukkan sikap arogansinya saat melakukan penguasaan lahan milik kliennya itu, dengan menggunakan back up dari aparat kepolisian bersenjata lengkap.

Bahkan, kata dia, PT Anoa Putra Sejahtera juga menurunkan alat berat menggusur ratusan tanaman produktif serta satu unit rumah. Akibatnya, kliennya mengalami kerugian hingga miliaran rupiah.

Dijelaskan, tanah sengketa yang terletak di Jalan Salomo Kelurahan Baruga Kecamatan Baruga itu diperoleh secara turun temurun, yang diolah Almarhun Badahia yang tak lain merupakan orang tua Hj Hasria sejak 1967 lalu. Pengelolaan lahan itu pun diketahui Pemerintah Desa Lepo-lepo kala itu.

Baca Juga :  Warga Kolaka Makin Sadar Pakai Masker

Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa kliennya memiliki bukti-bukti kepemilikan lahan yang sangat kuat secara hukum. Di antaranya surat keterangan tanah (SKT) dan bukti pembayaran PBB.

“Apalagi lahan ini merupakan kawasan olahan yang dilakukan secara turun temurun dari orang tua kandung klien kami,” jelasnya.

Namun anehnya, lanjut dia, pihak BPN Kota Kendari menerbitkan sertifikat atas lahan milik kliennya itu.

“Katanya, di sertifikat itu atas nama Rustam Efendi yang merupakan orang tua kandung salah satu tergugat,” tutupnya.

Saat ini, PT Anoa Putra Sejahtera telah membangun puluhan unit perumahan di atas lahan tersebut.

ODEK/NURSADAH