Bapaslon Oheo – Muttaqim Janjikan Pendirian Perusda Konkep

317
Bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Konawe Kepulauan (Konkep) Muhammad Oheo Sinapoy - Muttaqim Sidiq. (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id., Konawe Kepulauan – Bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Konawe Kepulauan (Konkep), Sulawesi Tenggara (Sultra), Muhammad Oheo Sinapoy – Muttaqim Sidiq, optimis dapat ditetapkan sebagai pasangan calon kepala daerah 23 September mendatang. Pasangan ini tinggal menunggu jadwal penetapan oleh KPU, setelah mengikuti tahapan pendaftaran hingga pemeriksaan kesehatan dan telah memenuhi syarat.

Bakal pasangan calon yang diusung Partai Gerindra, Golkar, dan PPP ini sudah mulai melakukan konsolidasi dan menyampaikan visi dan misi untuk lima tahun ke depan. Salah satu program yang disampaikan itu adalah bakal didirikannnya perusahaan daerah (Perusda) yang nantinya akan bergerak dalam mengelola dan membeli hasil alam masyarakat Konkep yakni Kopra

“Program utama pasangan berakronin Ombak ini adalah memastikan dan menjamin harga pembelian kopra minimal pada angka Rp 7.000 per kilogram melalui Perusda yang didirikan pasca dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Konkep,” ujar Binmas Mangidi selak juru bicara tim pemenangan Oheo-Muttaqim kepada media ini, Minggu (13/09/2020).

Binmas menjelaskan, kalkulasinya adalah
jumlah kebun kelapa di Konkep sebanyak kurang lebih 5 ribu hektar bila diasumsikan 1 hektar kebun kelapa menghasilkan 1 Ton kopra maka berada di angka 7 juta per hektar. Maka 5 ribu hektar totalannya sebesar Rp 35 miliar.

Baca Juga :  Cegah Corona,Polres Kolaka Bagikan 5.000 Masker

“Karena itu pasangan Ombak akan membangun perusda dan memberikan subsidi kepada perusda sebesar Rp 40 miliar untuk menjalankan kegiatannya. Lalu membuat perda yang menjamin harga pembelian kopra minimal Rp 7.000 per kilo dan akan langsung dibeli oleh perusda,” jelasnya.

Ditambahkan, perusda yang didirikan nantinya yang akan memasarkan kopra tersebut baik ke pabrik di dalam negeri ataupun langsung ekspor ke luar negeri.

“Program ini adalah salah satu program andalan yang akan segera dilaksanakan. Selain itu sejumlah program lainnya seperti membangun infrastruktur jalan di Konawe, peningkatan SDM dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat Wawonii,” tandasnya.

TIM/NURSADAH