Bawaslu Konsel Tangani Lima Kasus ASN Langgar Aturan Pilkada

499
Anggota Bawaslu Konsel Awaludin AK (FOTO: IST)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan –¬† Dalam setiap momen Pilkada atau pun di pemilihan umum lainnya, aparatur sipil negara (ASN) selalu diperingatkan untuk bersikap netral dengan tidak terlibat politik praktis. Namun, aturan itu masih saja kerap dilanggar.

Seperti halnya menjelang Pilkada Konsel  9 Desember mendatang, setidaknya sudah ada lima kasus ASN melanggar aturan Pilkada yabg kini ditangani pihak badan pengawas pemilu (Bawaslu) setempat.

“Ada yang sudah kami registrasi dari laporan masyarakat, ada pula yang baru penyampaian laporan tapi tidak dapat diterima atau diregistrasi,” kata Ketua Bawaslu Konsel, Hasni, melalui Koordinator Devisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Awaluddin AK, Kamis (22/10/2020).

Jenis pelanggaran yang dilakukan para abdi negara itu pun bervariasi. Ada yang diduga terlibat dalam kegiatan partai politik atau pasangan calon tertentu dan ada pula yang ketahuan mengkapanyekan calon kepala daerah melaui media sosial.

Baca Juga :  Arsjad Rasjid: Jadikan Munas Kadin sebagai Momentum Pengembangan Potensi Daerah

“Saat ini sudah ada satu laporan dan satu temuan yang dilakukan oleh ASN dan sudah sementara tahap penyidikan di Gakkumdu Konawe Selatan. Ini masuk tindak pidana pemilihan, satu laporan dengan tersangkanya satu ASN yakni Lurah Palangga dan satu temuan dengan tersangkanya satu ASN yakni Kasi Kesra Kecamatan Lainea, ” jelasnya.

AKBAR/NURSADAH