Belum Ada Pengurus KONI dan Pengcab, Begini Penegasan Bupati Konsel

Bupati Konawe Selatan H Surunuddin Dangga (FOTO : DOK)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Sejak Deminoner kepengurusn Komite Olahraga Nasiona Indonesia (KONI) Kabupaten Konawe Selatan ( Konsel) yang diketua Arsalim Arifin beberapa waktu lalu, hingga saat ini belum ada pengurus KONI yang baru dan masih dijabat Pelaksana Tugas (Plt). Begitu juga dengan sejumlah pengurus cabang (Pengcab) Olahraga sudah banyak yang demisioner dari kepengurusannya.

Terkait kekosongan pengurus KONI dan sejumlah Pengcab, Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga mengintruksikan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) untuk segera membentuk Pengurus Cabang Olahraga (Cabor) jelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Oktober mendatang.

Bupati Surunuddin menjelaskan, salah satu tugas dan fungsi (Tufoksi) Dispora yaitu memfasilitasi pembentukan Cabor. Hal itu guna memajukan peningkatan dan pembinaan olahraga. Olehnya itu sinergitas antara pengcab itu dibutuhkan.

Selain memfasilitasi, sambung mantan Ketua DPRD Konsel ini, menyebut tugas Dispora juga mengimpentaris dan melihat pengurus-pengurus yang sudah selesai masa jabatannya apakah masih sah,atau tidak.

“Jadi keliru itu kalau Dispora harus menunggu lagi rekomendasi dari saya, Dispora mestinya menjalankan konstitusi ini sesuai tufoksinya dalam memfasilitasi pengcab-pengcab, ” jelas Surunuddin saat ditemui media ini di ruang kerjannya. Senin, (14/02/2022).

Terkait kekosongan Ketua KONI, Surunuddin tegaskan siapapun kandidat yang ingin menjadi ketua KONI harus benar-benar menghidupkan olahraga di konsel. Disisi lain pengurus pengcab juga harus punya visi dan misi untuk meraih prestasi dibidang olahraga itu.

“Profesional memang harus dihidupkan, kita tentunya mendorong orang-orang yang punya hobi dan visi misi untuk kemajuan olahraga dikonsel. Itu yang kita akan support, “tegasnya.

Olehnya itu, untuk menunjuk ketua KONI konsel.Dispora mestinya segera membentuk pengcab, setelah itu barulah dirumuskan pemilihan ketua KONI.

“Jadi kalau pengcabnya sudah siap, tinggal pemilihan KONI, ” kata Bupati dua periode ini.

Dihubungi terpisah, Kadis Pora Konsel Burahim mengaku, telah menyurati para pengurus pengcab untuk mengikuti rapat pembentukan pengurus pengcab baru.

“Kami sudah surati para pengurus cabor, dan rencana angeda rapatnya itu Rabu 16 Februari,” singkat Burahim saat dikonfirmasi melalui sambungan telponnya.

AKBAR

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *