Bentuk Kepengurusan di Tiap Kecamatan, DPC Himas Kolaka Hidupkan Budaya Sinjai di Tanah Mekongga

46
Ketua DPC Himas Kolaka Akbar S Sos MM. (FOTO: IST)

BeritaRakyat.id, Kolaka – Setelah resmi terbentuk, pengurus Dewan Pengurus Cabang (DPC) Himpunan Masyarakat Sinjai (Himas) Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra) berupaya menghimpun seluruh warga Suku Sinjai yang kini berdomisili di Kolaka. Bahkan, kepengurusan ranting di tingkat kecamatan juga telah dibentuk.

Ketua DPC Himas Kolaka Akbar S Sos MM  menyebutkan, baru-baru ini pihaknya telah membentuk kepengurusan Himas di tiga wilayah yakni Kecamatan Tanggetada, Watubangga, dan Samaturu.

“Setelah dilakukan di tiga kecamatan, Insyaa Allah kecamatan lain akan menyusul dalam waktu dekat ini,” kata Akbar ditemui baru-baru ini.

Dijelaskan, tujuan pembentukan kepengurusan di tiap kecamatan tersebut, tak lain untuk menjalin silaturahmi bagi masyarakat asal Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan yang kini berdomisili di Kolaka.

“Dengan adanya Himas ini kita bisa jadikan salah satu wadah bagi keluarga sinjai untuk berhimpun dan menjalin silaturahmi antara satu dengan yang lain,” ungkap Kepala Dinas Sosial Kolaka itu.

Lebih lanjut diungkapkan, sebelum Himas terbentuk, keluarga Sinjai tergabung dalam kerukunan yang diberi nama KKSJ dan diketuai Drs H Muh Bakri SH MH.

Baca Juga :  Rektor Unsultra Bertekad Mahasiswanya Bisa Magang di Luar Negeri

“Tapi sekarang beliau (Muh Bakri) menjadi pembina di Himas Kolaka. Sekarang, mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten hingga kecamatan, keluarga Sinjai hanya tergabung di Himas,” urainya.

Ditambahkan, DPC Himas Kolaka juga berupaya menghidupkan budaya Sinjai di Tanah Mekongga. Olehnya, salah satu budaya Sinjai yang kerap ditampilkan di setiap kegiatan adalah pertunjukan pemukulan gendang dan silat.

“Ke depan Himas Kolaka akan mengadakan munsyawarah untuk bagaimana cara agar budaya adat Sinjai ini hidup di Kolaka,” tandasnya.

Sebelumnya, saat pembentukan kepengurusan Himas di sejumlah kecamatan, Muh Bakri yang turut hadir selalu menekankan bahwa adanya Himas bukan hanya sekedar menjadi wadah silaturahmi, namun juga mesti terlibat dalam mendorong pembangunan daerah.

“Sebab di mana tanah dipijak di situ langit dijunjung,” tegas Asisten 1 Pemerintah Kabupaten Kolaka ini.

NURSADAH