BPN Kolaka Serahkan 3.315 Sertifikat Tanah

19
Bupati Kolaka menyerahkan sertifikat kepada 50 perwakilan masyarakat di Aula Sasana Praja Setda Kabupaten Kolaka. (FOTO: YUSRI)

BeritaRakyat.id, Kolaka – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara membagikan sertifikat gratis untuk 3.315 bidang tanah warga.

Secara seombolis, Senin (09/11/2020), sertifikat tersebut diserahkan lansung oleh Bupati Kolaka Ahmad Safei kepada 50 warganya yang menjadi perwakilan.

Ahmad Safei mengatakan, sertifikat ini bukan hanya sekedar untuk mendapatkan kepastian hukum. Akan tetapi, sangat membantu permodalan usaha masyakarat Kolaka di tengah pandemi Covid-19.

“Sehingga terjadi perputaran ekonomi dan menopang kehidupan masyarakat,” ujarnya Ahmad Safei di sela-sela menyerahkan sertifikat tanah tersebut di Aula Sasana Praja Setda Kolaka.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala BPN Kolaka Isman Tama mengatakan, sertifikat tanah yang berhasil direalisasikan di 2020 ini sebanyak 3.315 bidang tanah.

Sertifikat tanah yang masuk dalam program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) itu, tersebar pada 19 desa dan kelurahan di Bumi Mekongga ini.

“Jumlah ini masih jauh dari target yang diberikan Kanwil Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sebanyak 10 ribu sertifikat. Karena pandemi dan kesiapan petugas, sarana dan prasarananya, serta anggaran kita tidak diberikan untuk target 10 ribu. Sehingga, tahun ini hanya bisa sebanyak 3.315 bidang tanah,” jelas Isman.

Baca Juga :  UMP Sultra 2021 Tak Naik karena Covid-19, Perusahaan Diimbau Patuh

Target ke depan, lanjutnya, program PTSL ini masih menunggu pencanangan dari Kanwil BPN Sultra. Selain itu, pihaknya akan menyesuaikan dengan kesiapan petugas di daerah.

Ia berharap kepada masyarakat Kolaka untuk mengurus sertifikat tanahnya. Mengingat, sertifikat tanah merupakan dokumen tanda bukti hak yang kuat untuk dipegang masyarakat.

“Apalagi, persoalan tanah ini membutuhkan kepastian letak, kepastian batas, kepastian penggunaan tanah, dan dokumen tanda bukti hak. Sebagai lembaga yang mengeluarkan dokumen ini, BPN Kolaka siap membantu masyarakat,” tandasnya.

YUSRI/NURSADAH