Cegah Gangguan Kesehatan karena Pangan, Dinkes Kolaka Lakukan Ini

32
Kepala Dinas Kesehatan Drs Harun Massiri (dua dari kiri, masker putih, red) saat membuka Bimtek keamanan pangan di Hotel Sutan Raja Kolaka. (FOTO: YUSRI)

BeritaRakyat.id, Kolaka – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) keamanan pangan bagi produk industri rumah tangga (PIRT), Senin (02/11/2020). Kegiatan yang diadakan di aula pertemuan Hotel Sutan Raja ini untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan pada masyarakat melalui pangan.

“Tujuan kegiatan ini dilaksanakan adalah untuk meningkatkan efektivitas sistem pengawasan PIRT,” ujar Kepala Dinkes Kolaka Drs Harun Massiri, ditemui di sela-sela pelaksanaan bimtek tersebut.

Katanya, penyakit bisa datang jika konsumsi pangan yang tidak aman. Olehnya, Pemerintah Kabupaten Kolaka perlu memberikan perhatian prioritas terhadap pengembangan, pembinaan dan pengawasan pada PIRT tersebut.

Baca Juga :  Presiden Joko Widodo Dipastikan Hadir Pada Hari Pers Nasional 2021

“Hal tersebut dilakukan agar produk PIRT yang ada di Kolaka dapat bersaing di pasar modern baik pasar domestik maupun internasional,” lanjutnya.

Ia juga berharap, PIRT bisa memproduksi  pangan yang memenuhi persyaratan keamanan, mutu dan kelayakan konsumsi.

“PIRT harus selalu cermat untuk mengetahui perkembangan produknya yang layak konsumsi sehat dan aman,” tandasnya.

YUSRI/NURSADAH