Diberi Sertifikat Gratis, Warga Diminta Tak Mudah Jual Tanah

74
Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga saat menyerahkan sertifikat kepada salah satu warga penerima. (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id,. Konawe Selatan – Sebanyak 1.187 warga di Kecamatan Mowila Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang tersebar di 9 desa, menerima sertifikat tanah Program Strategis Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Redistribusi (Redist).

Sertifikat diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga ST MM di Aula Rumah Jabatan Camat Mowila, Selasa (18/08/2020).

“Program penyertifikatan ini bagian dari program nasional yang sejalan dengan program pemerintah daerah (Pemda) dalam rangka penertiban administrasi pertanahan, juga untukĀ  menghindari konflik agraria di tengah masyarakat,” ujar Surunuddin mengawali sambutannya.

Untuk itu, ia menyampaikan apresiasi kepada Badan Pertanahan Nasional Konsel atas sinergitasnya bersama pemda, sehingga masyarakat bisa menerima bukti legalitas tersebut dengan mudah dan secara cuma-cuma.

Dikatakannya, dengan adanya sertifikat tentu membawa manfaat besar ke warga penerima dan harus disyukuri. Sebab, dapat meningkatkan nilai tanah dan terhindar dari perselisihan terkait tapal batas dengan orang lain.

Namun demikian, Surunuddin meminta agar warga tidak mudah menjual tanahnya. Lahan yang telah bersertifikat itu, sebaiknya menjadi salah satu aset berharga atau diolah untuk kesejahteraan keluarga.

Baca Juga :  Diberhentikan Mendagri, Ramadio Gagal jadi Plt Bupati Butur 71 Hari

Adapun jumlah bidang tanah yang mendapat sertifikat gratis tersebut, untuk program PTSL di antaranya diberikan ke Desa Lamebara sebanyak 131 sertifikat, Desa Mowila 104, dan Desa Puwehuko untuk 153 bidang tanah.

Sedangkan program Redist yakni 172 bidang diserahkan ke Desa Wonua Monapa, 100 Toluwonua, 221 Tetesingi, 100 Mataiwoi, 33 Wuura dan 173 bidang untuk Desa Pudahoa.

Untuk diketahui, penyerahan sertifikat tanah ini juga dihadiri Sekretaris Daerah Konsel, Ir Drs H Sjarif Sajang MSi, Camat Mowila, Muh Susanto Tawulo, dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Konsel.

AKBAR/NURSADAH