Diberikan APK, Tim Paslon Diwajibkan Patuhi PKPU

264
Ketua KPU Konsel Aliudin (ketiga dari kiri) saat menyerahkan bahan kampanye kepada salah satu LO Paslon Bupati dan Wakil Bupati Konsel. (FOTO : AKBAR)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Secara resmi, Selasa (27/10/2020), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) meyerahkan alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye (BK) kepada Liaison Officer (LO) pasangan calon kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada Konsel 9 Desember mendatang.

APK dan BK berupa baliho, umbul-umbul, dan spanduk sudah boleh dipasang oleh masing-masing pasngan calon (Paslon). Namun, diwajibkan untuk mematuhi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 11 atas perubahan kedua dari PKPU nomor 4 dan petunjuk 465 KPU RI tentang teknis pelaksanaan kampanye pada pemilihan gubernur, wali kota dan bupati.

“Kepada pasangan calon yang telah menerima APK dan BK, agar segera mensosialisasikan, agar segera dilakukan pemasangan dengan memperhatikan surat keputusan KPU terkait titik pemasangan alokasi APK dan BK, ” ucap Koordinator Divisi (Kordiv) SDM dan Parmas KPU Konsel, Seni Marlina SH, usai penyerahan APK tersebut.

Dijelaskan, ada beberapa poin yang ditekankan dan selalu diingatkan kepada masing-masing paslon, khususnya terkait titik atau lokasi pemasangan APK dan BK.

“Ada beberapa lokasi pemasangan APK yang dilarang. Seperti tempat ibadah termasuk halaman, rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan, gedung-gedung milik pemerintah dan pepohonan. Pemasangan APK ini juga harus tetap memperhatikan kebersihan lingkungan,” tegasnya.

Baca Juga :  Puluhan Warga Baito Demo di DPRD Konsel, Tuntut PT KIC Hentikan Aktivitas

Di tempat yang sama, Kasubag Teknis dan Hupmas KPU Konsel Gusti NG Wiradana memaparkan jenis serta jumlah APK dan BK yang dibagikan ke setiap paslon itu.

” Ada tujuh item yang terdiri dari APK tiga item dan BK 4 item. APK itu sendiri terdiri dari Baliho yang jumlahnya lima lembar, umbul-umbul 175 lembar, dan Spanduk berjumlah 351 lembar. Sedangkan BK terdiri dari brosur, selebaran/flayer, poster dan pamflet semua berjumlah 15.106 lembar, ini yang kita fasilitasi dari KPU untuk pasangan calon,” terang Gusti.

Lebih lanjut dijelaskan, Paslon dibolehkan mencetak APK sendiri melenihi jumlah yang difasilitasi KPU. Namun, desain dan ukurannya harus sama.

“APK itu maksimal penambahannya 200 persen dari APK yang difasilitasi KPU, ” pungkasnya.

AKBAR/NURSADAH