Dihadiahi Ubi dan Nenas, Endang Janji Bangun Jalan di Sabulakoa

522
Bakal calon Bupati Konsel Muh Endang SA didampingi calon wakilnya Wahyu Ade Pratama Imran saat menerima hadiah secara simbolis hasil kebun berupa ubi kayu. (FOTO : ODEK)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan РKunjungan bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan (Konsel)  Sulawesi Tenggara, Muhammad Endang SA РWahyu Ade Pratama Imran, di Kecamatan Sabulakoa, disambut antusias oleh warga setempat. Antusiasme itu ditunjukkan ratusan warga dengan melakukan penjemputan di pertigaan Kecamatan Mowila dan selanjutnya mengarak pasangan dengan jargon Ewako itu, menuju tempat pelaksanaan sosialisasi di Desa Watu-Watu Kecamatan Sabulakoa.

Selain dijemput dan diarak warga, pasangan calon yang diusung Partai Demokrat, PAN dan Gerindra itu diberikan hadiah berupa hasil perkebunan warga yakni berupa Ubi Kayu dan Nenas. Penyerahan hasil tani oleh warga ini merupakan simbol bahwa pasangan Endang РWahyu  akan dapat memberikan harapan atas kesejahteraan masyarakat Sabulakoa yang 95 persennya adalah petani.

“Dalam kesempatan ini, kami di Kecamatan Sabulakoa yang terdiri dari 9 desa secara sukarela memberikan hadiah kepada calon Bupati dan Wakil Bupati Konsel yakni Ubi dan Nenas. Dua hasil kebun masyarakat ini merupakan andalan bagi warga Sabulakoa dan menjadi sumber hidup, bahkan hasil kebun tersebut, sudah banyak juga yang menamatkan pendidikannya di Starata 1 bahkan ada juga yang sudah S2,” ujar Larombu, selaku tokoh masyarakat Sabulakoa saat memberikan sambutan di hadapan pasangan calon tersebut.

Menurut mantan anggota DPRD Konsel itu, dengan penyerahan hasil bumi kepada calon sebagai hadiah dari warga tersebut, terbersit harapan, jika terpilih menjadi bupati dan wakil bupati, kiranya Endang-Wahyu memperhatikan pemasaran hasil perkebunan warga.

“Di Sabulakoa ini 95 persen adalah petani dan penghasilan perekonomiannya dengan menjual ubi, nenas dan sayuran. Sejak sebelum matahari terbit, warga sudah ke Pasar Baruga atau pasar-pasar lainnya di Kota Kendari dan nanti sore hari baru kembali ke kampung,” katanya.

Baca Juga :  Bupati Koltim Siap Menangkan ASR di Pilgub Sultra

Bakal calon Wakil Bupati Konsel Wahyu Ade Pratama mengaku, berterima kasih atas sambutan warga Sabulakoa itu.Termasuk, hadiah yang diberikan warga berupa hasil kebun itu.

“Terima kasih kepada warga Sabulakoa yang telah memberikan kami bingkisan dari hasil bumi. Tentunnya apa yang telah disampaikan terkait permasalahan hasil bumi di Sabulakoa akan menjadi perhatian bagi kami jika telah menjadi Bupati dan Wakil Bupati Konsel,” ungkapnya.

Begitu juga Muh Endang SA selaku calon bupati mengungkapkan, jika masyarakat Sabulakoa mempercayakan untuk memimpin daerah untuk lima tahun ke depan, jiwa dan ragannya akan dipersembahkan untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat Konawe Selatan.

“Insyaa Allah kami berdua akan berkonsentrasi membangun Konsel, dan terksusus Kecamatan Sabulakoa ini infrastruktur jalan akan di bangun segera yang dapat menghubungkan dari Mowila -Sabulakoa – Landono akan kita aspal. Artinya dengan jalan bagus, masyarakat yang memobilisasi hasil buminya tidak lagi terkendala. Selain itu ada investor atau pengusaha yang akan dijadikan mitra menampung dan membeli hasil bumi warga Pudahoa,” imbuhnya.

ODEK/NURSADAH