Dispar Sultra Genjot Masyarakat Sadar Wisata

27
Pelaksana harian (Plh) Dinas Pariwisata Sultra Ali Udin saat memberikan piagam penghargaan kepada salah satu calon peserta. (FOTO : ODEK)

BeritaRakyat.id,.Kendari – Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar kegiatan workshop pengembangan kuliner dan kriya desa wisata pada salah satu hotel di Kota Kendari, Kamis (12/11/2020).

Pelaksana harian (Plh) Dinas Pariwisata Sultra Ali Udin mengatakan, tujuan dari kegiatan workshop ini guna memberikan edukasi kepada masyarakat yang beraktivitas di tempat wisata.

“Harapan kami dari dinas pariwisata yaitu dengan adanya kegiatan workshop ini dapat mentransformasi pengetahuan masyarakat khususnya yang beraktivitas di lokasi objek wisata,” ucap Ali Udin kepada awak media.

Dengan adanya kegiatan ini, ia berharap bisa mendorong masyarakat untuk melakukan inovasi di tempat wisata agar ekonomi masyarakat desa bisa ditingkatkan.

“Minimal ini juga dapat menginovasi masyarakat agar produktif dalam membangun kegiatan yang dapat meningkatkan pendapatan mereka,” ungkapnya.

Baca Juga :  Rusak Parah, Jalan Perkantoran di Konsel tak Kunjung Diperbaiki

Ia menjelaskan, hasil dari kegiatan workshop ini akan ditindaklanjuti melalui rencana kerja tindak lanjut (RKTL) yang akan di sampaikan kepada pengambil kebijakan.

“Setelah ini kita akan rumuskan lalu dibuatkan formulasi untuk kita sampaikan kepada pengambil keputusan,” paparnya

Selain itu, ia juga mengharapkan dalam membangun pariwisata di Sultra perlu adanya kolaborasi bersama OPD terkait serta masyarakat di Sultra.

“Membangun pariwisata ini perlu adanya keterlibatan semua pihak, baik OPD terkait, pemerintah daerah serta masyarakat,” tutupnya.

ODEK/NURSADAH