DPD LAT Sultra Seragamkan  Pelaksanaan Adat Perkawinan Suku Tolaki

225
Kegiatan perumusan keseragaman pelaksanaan adat suku tolaki oleh DPP LAT Sultra di salah satu hotel di Kendari. (FOTO : ODEK)

BeritaRakyat.id, Kendari – Pelaksanaan adat suku Tolaki khususnya dalam kegiatan pernikahan berbeda-beda. Hal ini pun mendorong Dewan Pengurus Pusat (DPP) Lembaga Adat Tolaki (LAT) Sultra untuk melakukan penyeragaman.

Dalam upaya penyeragaman tersebut, DPP LAT Sultra membentuk tim perumus
pelaksanaan adat suku Tolaki (Sara Merapu). Tim yang diketuai H A Ginal Sambari SSos MSi ini kemudian mengadakan pertemuan di salah satu hotel di Kota Kendari, Minggu (13/12/2020), dengan menghadirkan sejumlah pengurus DPD LAT kabupaten/kota, tokoh, sesepuh, dan pemerhati adat Tolaki.

“Kami  membahas dan mendegarkan masukan dari para undangan untuk kemudian akan ditetapkan melalui peraturan DPP LAT Sultra supaya menjadi panduan bagi seluruh masyarakat suku Tolaki di daerah, untuk menetapkan keseragaman pelaksaanaan adat Tolaki  yang kami sadari selama ini beragamnya proses pelaksanaanya. Itulah kami undang semua untuk menyamakan pelaksanaannya,” tegas Ginal Sambari yang merupakan anggota DPRD Konawe.

Wakil Sekretaris DPP LAT Sultra Sutamin Rembasa yang juga hadir dalam kegiatan tersebut menjelaskan, tujuan pelaksanaan hukum adat ini adalah untuk menjamin keaslian dan keserasian dari kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat dan perseorangan di kalangan suku Tolaki.

Baca Juga :  Bupati dan Wakil Bupati Konsel Ikut Vaksinasi Booster Covid-19

“Setelah dirumuskan dan disepakati akan disosialisakan ke seluruh DPD LAT kabupaten/kota sebagai pedoman pelaksanaannya serta dilakukan praktek tiap kabupaten/kota supaya seragam juga akan dibuatkan buku saku,” terang Sutamin.

Dikatakan,  program ini sebagai salah satu rekomendasi program kerja DPP LAT sultra termasuk pakaian adat Tolaki.

“Nanti,  semua proses pelaksanaan adat perkawinan di suku Tolaki akan sama,  yang sebelumnya ada tingkatan yang biasa dilaksanakan dan juga tidak dilakukan. Untuk keseragaman tersebut akan dibuatkan dalam buku panduan,” tandasnya.

ODEK/NURSADAH