DPT Pilkada Konsel 2020 Ditetapkan KPU

157
Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU Konsel Sakirman saat menyerahkan DPT Pilkada Konsel kepada salah satu LO Paslon dan didampingi Ketua KPU Konsel Aliudin dan Anggota KPU Konsel Budiman (FOTO: AKBAR)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Secara resmi, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) untuk Pilkada serentark 2020 teLah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Jumlah pemilih dalam DPT yang ditetapkan melalui rapat pleno, Kamis (15/10/2020), mengalami penurunan dari daftar pemilih sementara (DPS) yang sebelumnya telah ditetapkan beberapa waktu lalu. Jumlah DPS yakni sebanyak 203.889 setelah ditetapkan menjadi DPT mengalami penurunan menjadi 203.339 pemilih.

Ketua KPU Konsel Aliudin SIp menuturkan, terkait data pemilih, pihaknya telah melakukan proses panjang mulai dari coklit pemilih, penetapan DPS, tanggapan sementara sampai pada rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) hingga pada penetapan DPT.

“Penurunan DPT dari DPS karena ditemukan adanya data ganda baik lintas desa kecamatan maupun kabupaten,” ujar Aliudin.

Dibanding DPT Pemilu setahun lalu yang berjumlah 202.838, lanjut Aliudin, terdapat kenaikan kurang lebih seribuan pemilih.

Baca Juga :  Kembali Menjabat Rektor UHO, Zamrun Tak Punya Target Program 100 Hari Kerja

“Kenaikan itu berkaitan penambahan dari pemilih baru yang masuk usia 17 tahun dan telah memiliki KTP elektronik (e-KTP). Kenaikan seribuan lebih itu itu cukup rasional,” akunya.

Dia menuturkan, setelah penetapan DPT, selanjutnya akan dilakukan pendataan daftar pemilih tambahan (DPTB) bagi warga Konsel yang memiliki e-KTP karena dimungkinkan ada warga yang belum memiliki KTP setelah ditetapkan DPT tersebut.

“Kami berharap dengan lahirnya DPT ini warga bisa melihat apakah dia terdaftar dalam DPT apa tidak. Kalau tidak terdaftar pastikan dia memiliki KTP elektronik agar terdaftar dalam DPTB,” tandas Aliudin.

AKBAR/NURSADAH