FKPPI Bersama RAG – SS Edukasi Warga Tanam Mangrove

67
Bakal Calon Bupati Konsel Rusmin Abdul Gani bersama Senawan Sioondae dan pengurus FKPPI saat menggelar penenaman bakau di Desa Wawatu. (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Abrasi pantai di sejumlah wilayah pesisir, khususnya di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) kian memprihatinkan. Penanaman pohon penyangga adalah menjadi salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini.

Sebagai salah satu bentuk perhatian terhadap persoalan ini pun, Minggu (16/8/2020), Forum Komunikasi Putra Putri TNI Polri Indonesia (FKPPI) Sulawesi Tenggara (Sultra), bersama Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Konsel, Rusmin Abdul Gani (RAG) – Senawan Silondae (SS) melakukan penanaman pohon mangrove di pesisir pantai Desa Wawatu Kecamatan Moramo Utara Konsel.

Penanaman pohon mangrove ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dan generasi muda, tentang pentingnya tumbuhan penyangga di kawasan pantai.

Rusmin Abdul Gani mengatakan, aksi penghijauan ini juga merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT ) RI ke-75. Di kegiatan ini, masyarakat setempat ikut dilibatkan agar terus memiliki kepedulian untuk menjaga kelestarian alam yang ada.

Baca Juga :  Pengacara Penggugat dan Tergugat Serahkan Bukti, Hakim Minta Sidang Lapangan Segera Digelar

“Kami bersama FKPPI menanaman 1.000 bibit pohon mangrove dengan melibatkan masyarakat setempat,” kata Rusmin.

Hal senada diungkapkan Senawan Silondae. katanya, selain memberikan edukasi dan pencegahan pendangkalan pantai, RAG – SS juga mendengarkan langsung masukan dari warga desa setempat yang menjadi lokasi penanaman mangrove tersebut.

“Kami tatap muka langsung warga setempat guna mendengarkan keluhan mereka,” tandasnya.

AKBAR/NURSADAH