Hanya Kantongi 92 Suara, Caleg Perempuan Ini Bakal Duduki Kursi DPRD Konsel

1473
Ketua KPU Konsel Aliudin saat memberikan keterangan pers kepada sejumlah awak media beberapa waktu lalu (FOTO: AKBAR)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan –  Nasib baik sepertinya tengah berpihak kepada Ni Gusti Putu Dewi Saputri. Calon Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe Selatan (Konsel) ini hanya mengantongi 92 suara pada Pemilu 2019 lalu, namun kini ia hampir dipastikan untuk menduduki kursi anggota dewan.

Kepastian untuk menjadi PAW tersebut setelah KPU setempat melakukan verfikasi dan dalam waktu singkat akan segera diplenokan dan disampaikan di DPRD Konsel. Caleg perempuan dari PDIP ini dianggap memenuhi syarat untuk menggantikan Senawan Silondae di DPRD Konsel melalui proses pergantian antar waktu (PAW) atas usulan PDIP selaku partai pengusung.

Sebelumnya, saat diusulkan PDIP, KPU Konsel tak langsung menyetujui Ni Gusti Putu Dewi Saputri untuk menjadi pengganti Senawan dengan mengacu pada PKPU 6 tahun 2017. Sebab, berdasarkan hasil perolehan suara yang mesti menjadi pengganti adalah Sudarmaji R selaku caleg peraih suara terbanyak kedua setelah Senawan di Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Konsel.

KPU kemudian menyatakan menyetujuinya, setelah melalui proses verifikasi.

“Kami di KPU sudah melakukan verifikasi terhadap calon PAW Senawan Silondae di DPRD yakni kepada saudara Sudarmaji R. Hasil verifikasi kami menyebutkan bahwa peraih suara terbanyak kedua di Pemilu 17 April 2019 lalu itu menyatakan pengunduran dirinya dengan alasan sakit. Karena itu calon PAW selanjutnya adalah Ni Gusti Putu Dewi Saputri (peraih suara terbanyak ketiga), “ujar Ketua KPU Konsel Aliudin kepada media ini,  Minggu (17/01/2021).

Baca Juga :  Herry Asiku Berharap DPP Golkar Rekomendasikan Irham Kalenggo di Konsel

Aliudin mengatakan,  dalam proses verifikasi tersebut pihaknya berkunjung langsung ke kediaman Sudarmaji di Kecamatan Buke Konsel. Selain alasan sakit, yang bersangkutan juga menyatakan mundur dari partai.

“Hasil verifikasi menyebutkan seperti itu,  sehingga kami di KPU akan melakukan rapat pleno penetapan PAW atas nama Ni Gusti Putu Dewi Saputri untuk kemudian disampaikan di DPRD Konawe Selatan. Insyaa Allah pekan depan sudah kami serahkan hasil pleno kami,” terangnya.

Diketahui, proses PAW tersebut dilakukan karena Senawan yang sebelumnya menjabat sebagai anggota sekaligus Wakil Ketua DPRD Konsel, menyatakan mundur karena maju sebagai calon wakil bupati pada Pilkada Konsel yang digelar 9 Desember 2019 lalu.

AKBAR/ NURSADAH