Hasil Survei PPI di Pilkada Konsel, Petahana Semakin Kuat dan Sulit Ditumbangkan

295
Direktur Eksekutif Parameter Publik Indonesia (PPI) Rasmuddin (Kanan) saat memberikan keterangan pers terhadap hasil survei jelang Pilkada Konsel. (FOTO : ODEK)

BeritaRakyat.id, Kendari – Lembaga survei dari Parameter Publik Indonesia (PPI) mengklaim Calon Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan (Konsel) petahana, Surunuddin Dangga – Rasyid semakin kuat dan sulit untuk ditumbangkan di gelaran Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Analisis PPI melalui direkturnya, Rasmuddin mengaku, dengan kekuatan partai yang mengusung, pasangan Surunuddin – Rasyid akan memenangkan Pilkada Konsel.

Dukungan yang cukup signifikan dari partai pengusung masing-masing NasDem, PKB, PKS, PBB, dan Golkar tentunya sangat kuat untuk memenangkan pertarungan di Pilkada serentak.

Dalam survei yang dilakukan sejak 20 Juni hingga 26 Agustus itu menyebutkan, dengan melibatkan 1.000 koresponden tersebut, elektabilitas Surunuddin – Rasyid masih tertinggi dibanding kandidat lainnya.

“Dari data survei elektabilitas yang diperoleh petahana berada diposisi 60 persen. Disusul pasangan Muh. Endang-Wahyu sebesar 9,2 persen serta pasangan RAG-SS sebesar 5,8 persen. Masih ada 25 persen masyarakat yang belum menentukan pilihan,” kata Rasmuddin, saat menggelar konfrensi pers di salah satu hotel di Kendari, Kamis (03/09/2020).

Baca Juga :  Terima B1KWK Dari Hanura, RAG - SS Siap Daftar di KPU Konsel

Menurutnya, ada beberapa faktor yang membuat Surunuddin sulit untuk ditumbangkan. Di antaranya, kelompok pemilih yang tidak menginginkan petahana suaranya terpecah ke dua penantang lainnya. Kemudian, adanya migrasi atau perpindahan dukungan dari pasangan yang tak jadi ikut berkompetisi dalam Pilkada Konsel 2020.

“Karena Irham Kalenggo tak jadi mencalonkan diri maka dari hasil survei suaranya bergeser ke Surunuddin alias petahana,” tutupnya.

ODEK/NURSADAH