Hasil Survei PPI, Elektabilitas Suara di Pilkada Konsel Sulit Terkalahkan

591
Lembaga survei parameter publik Indonesia (PPI) saat menggelar konfrensi pers di salah satu hotel di Kendari setelah melakukan survei jelang Pilkada Konsel (FOTO: ODEK)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Dua minggu menjelang pelaksaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati  Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara, Parameter Politik Indonesia (PPI) kembali melakukan survei.

Hasilnya, dari tiga kandidat pasangan calon yang bertarung, pasangan Surunuddin Danga-Rasyid menempati urutan pertama dengan elektabilitas mencapai 56,4 persen, disusul pasangam Muh Endang SA-Wahyu Ade Pratama 16,5 persen, kemudian Rusmin Abdul Gani-Senawan Silondae 15,8 persen.

Direktur PPI Rasmudin mengatakan, keunggulan elektabilitas pasangan Suara merata di semua segmen pemilih baik dukungan berdasarkan gender profesi maupun segmen pendidikan.

“Pasangan, suara meraih dukungan di kelompok laki-laki mencapai 57,80 persen, dukungan pemilih perempuan di angka 55,00 persen begitu juga dukungan dari kelompok profesi baik petani, nelayan hingga pengusaha pasangan Suara meraih dukungan di atas 50 persen,” jelasnya saat menggelar konferensi pers di salah satu hotel di Kota Kendari, Kamis (26/11/2020).

Tingginya elektabilitas dan sebaran dukungan yang merata di semua segmen pemilih tersebut, jelasnya, posisi pasangan petahana di Pilkada Konsel itu sulit terkalahkan.

“Dari hasil tracking survei yang dilakukan parameter berkesimpulan jika pasangan Suara di ambang dua periode,” jelasnya.

Menurutnya, ada lima alasan mengapa pasangan nomor urut 2 ini diyakini melenggang di peiode berikutnya, yakni persepsi kepuasan dan keberhasilan calon bupati  petahana ini rata-rata di atas 75 persen.

Baca Juga :  Pengurus KONI Sultra Resmi Dilantik

Alasan kedua pasangan Suara berpengalaman publik menilai 52,10 persen, pasangan Ewako 8,10 persen, disusul RAG-SS 5 persen.

Ketiga, pasangan Suara 53,90 persen lebih dipercaya bisa membawa kemajuan Konsel disusul Ewako 14,50 persen dan RAG-SS 11,50 persen.

Dari segi prestasi masyarakat Konsel menilai pasangan Suara mencapai 56,70 persen, Ewako 9,60 persen disusul RAG-SS 7,60 persen.

Kemudian tingkat keinginan masyarakat masih banyak yang menginginkan pasangan Suara untuk menjadi Bupati Konsel dengan perolehan 55,80 persen. Sedangkan yang tidak menginginkan hanya di angka 19,50 persen dan yang tidak tau atau tidak menjawab 24,70 persen.

Sementara itu, Rasmudin menyebutkan, survei PPI menggunakan metodologi multistage random sampling, melibatkan 1000 responden dengan margin error 3,16 persen. Tingkat kepercayaan di atas 95 persen yang dilaksanakan sejak 17  hingga  22 November 2020.

ODEK/NURSADAH