Ikuti Protokol Covid-19, Peserta Upacara Pemda Konsel Tak Sampai 100 Orang

121
Bupati Konawe Selatan H. Surunuddin Dangga saat menyerahkan bendera merah putih untuk kemudian dikibarkan diupacara HUT RI ke 75 Tahun 2020 dipelataran Rujab Bupati Konsel (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id,. Konawe Selatan – Untuk pertama kalinya, Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) menyelenggarakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-75 secara fisik juga melalui virtual. Pelaksanaannya pun dilakukan secara sederhana dan terbatas.

Berbeda pada tahun sebelumnya yang digelar meriah dengan ratusan lebih peserta dan tamu undangan, kali ini peserta upacara yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Konsel, Senin (17/8/2020), tidak sampai 100 orang.

Suasana upacara tersebut sesuai protokol kesehatan akibat pandemi corona, yang bertujuan untuk mencegah dan memutus mata rantai penularan wabah covid-19 yang melanda dunia dan nusantara.

Pada peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI tersebut, bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Konsel H Surunuddin Dangga ST MM. Sementara perwira upacara adalah Danramil 05/Tinanggea, Kapt Inf Arifudin dan komandan upacara adalah Danramil 15/Landono, Lettu Inf Alexander.

Adapun Teks Proklamasi dibacakan Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo SSos MSi dengan pembaca do’a Kepala Kemenag Konsel, Adnan Saufi SPd MSi.

Tidak hanya peserta, pasukan pengibar bendera biasanya berjumlah 68 orang juga dibatasi dan hanya berjumlah 8 orang yang merupakan pelajar dari SMAN 4 Konsel.

Baca Juga :  Kejati Sultra Lidik Dugaan Korupsi Pameran Budaya di UPTD Taman Budaya

Dalam kesempatan itu, Bupati Konsel juga menyerahkan piagam tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya (SLKS) kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel, Ir Drs H Sjarif Sajang MSi atas pengabdian, kejujuran, kecakapan, dan disiplin secara terus menerus paling singkat 30 Tahun berdasarkan SK Presiden RI No 15/TK/2020. Kemudian, SLKS 20 Tahun dengan SK No 35/TK/2018 diberikan kepada Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Konsel, Hj Sitti Chadijjah SSos MSi, serta SLKS 10 Tahun kepada Camat Laeya, Hadismar SPi berdasarkan SK No 125/TK/2019.

Selain itu Surunuddin menyerahkan SK pensiun dan cinderamata kepada sejumlah mantan pejabat eselon di pemerintahannya.

Upacara turut dihadiri Wakil Bupati Konsel, Dr H Arsalim Arifin SE MSi bersama sejumlah pejabat forum koordinasi pemerintah daerah (Forkopimda) setempat.

Pantauan wartawan BeritaRakyat.id, berselang beberapa menit usai menggelar upacara Surunuddin bersama peserta upacara lainnya, mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi secara virtual melalui siaran langsung dari Istana Merdeka dengan inspektur upacara Presiden RI Joko Widodo.

AKBAR/NURSADAH