Ini Pesan Gubernur Sultra di Pengukuhan DPP LAT Sultra

242
Gubernur Sultra Ali Mazi. SH (Baju putih) bersama Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas, Pangdam XIV Hsn Mayor Jenderal TNI Andi Sumangurekka saat menghadiri Pengukuhan DPP LAT Sultra. (FOTO : KARSESMAN)

BeritaRakyat.id,.Kendari- Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H Ali Mazi, hadir dalam pengukuhan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Adat Tolaki (LAT) Sultra di salah satu hotel di Kota Kendari, Rabu (26/8/2020).

Dalam sambutan Gubernur Sultra H Ali Mazi mengatakan, pengukuhan tersebut mengawali sahnya tugas para pengurus sebagai para pemangku pengurus LAT yang ada ada di Sultra. Dengan wadah ini, lanjut dia, bisa menjadi wadah dan menjaga kemurnian adat istiadat yang diwariskan oleh leluhur khusunya adat istiadat suku Tolaki yang ada di Bumi Anoa ini.

“Saya juga sangat menaruh hormat dengan ketua DPP LAT (Masyhur Masie Abunawas) yang dengan ketokohanya telah menjadikan Lembaga Adat Tolaki sebagai wadah yang memiliki legalitas dan sangat tepat dalam menjaga kemurnian adat Tolaki, yang telah diwariskam oleh leluhur turun temurun untuk senantiasa dihormati,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, nilai-nilai adat Tolaki yang berpusat pada Kanosara telah membuat suku Tolaki telah dikenal dimana-mana.

Dengan Kanosara, kata dia, bisa merangakai semua nilai-nilai baik yang normatif maupun yang implementatif, mudah di terima dan di akui sebagai bagian dari hukum dalam masyarakat.

Baca Juga :  Dilapor Aniaya Peserta Tender, Panitia Pokja BP2JK Sultra Melapor Balik ke Polda

“Kanosara harus di pandang sebagai simbol dan harus di oleh siapapun, tidak mengenal status sosial,” katanya

Iapun memuji adat istiadat Kanosara. Menurutnya, Kanosara harus tetap dijaga sebagai simbol pemersatu yang tidak dimiliki daerah lain.

“Jujur saja, sepanjang sepengetahuan saya Kanosara tidak dimiliki oleh daerah-daerah lain. Ini peninggalan yang sangat sakral dan sangat luar biasa,” ungkapnya

Hal seperti Inilah, lanjut dia, simbol-simbol yang telah diwariskan oleh leluhur yang harus tetap dijaga kelestariannya oleh masyarakat.

Selain itu, iapun berpesan kepada generasi muda agar ikut mempersiapkan diri dan terus belajar untuk menjaga adat istiadat yang di wariskan oleh leluhur.

KARSESMAN/NURSADAH