Jika Terpilih Endang-Wahyu Bakal Bangun Universitas di Andoolo

361
Bakal Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Konsel Muh. Endang SA (kiri) - Wahyu Ade Pratama Imran (kanan) saat melakukan sosialisasi di Kecamatan Sabulakoa (FOTO : ODEK)

BeritaRakyat.id,.Konawe Selatan – Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Muhammad Endang SA – Wahyu Ade Pratama Imran menjanjikan akan adanya Universitas di ibu Kota Konsel di Andoolo, jika keduanya didaulat oleh masyarakat Konawe Selatan untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati.

Hal itu diungkapkan Muh. Endang SA saat menyampaikan visi dan misinya dihadapan ratusan warga diacara sosialisasi yang digelar di Desa Watu-Watu Kecamatan Sabulakoa, Konsel, Senin (21/09/2020).

“Jika kami terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati sejak tanggal 9 Desember 2020, maka harus ada kampus di Konsel, di Andoolo,”ungkapnya.

Menurut Endang yang juga ketua DPD Partai Demokrat Sultra itu, pendirian dan pembangunan Universitas di Konawe Selatan sangat penting, selain bisa memudahkan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat Konsel hal ini juga akan berdampak baik bagi pendapatan masyarakat setempat.

“Kalo ada kampus di Konsel, tentunya banyak anak didik kita yang sudah menyelesaikan pendidikan di SMA sederajat bisa langsung melanjutkan kuliah di Universitas. Dengan demikian anak didik kita tidak lagi harus keluar Konsel, yang tentunya pembiayaan pendidikan sudah dapat dihemat.

Selain pasangan calon yang berakronim Ewako ini mengaku, jika dirinya sudah diamanahkan untuk menjadi Bupati, langka yangbakan diambil adalah untuk bekerjasama dengan Universitas yangvada di Sultra atau di Indonesia ini untuk membuka cabang dan tinggal kita menyiapkan lahan, termasuk akan menyiapkan anggaran pendirian pembangunan Universitas tersebut. Dengan demikian dengan adanya kampus atau Univeristas bisa mengurangi uang yang keluar di luar Konsel.

Baca Juga :  DPRD Sultra Sebut, PT VDNI Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal Rekrut Karyawan

“Banyangkan saja, kalo seribu atau dua ribu mahasiswa Konsel yang kuliah di luar, tiap bulan mengekuarkan uang Rp 1 juta perorang dikali dua ribu berrati ada Rp 2 Milyar perbulan uang dari Konsel yang keluar karena tidak adanya kampus,”jelasnya.

Lanjut Wakil Ketua DPRD Sultra itu, selain kampus atau universitas yang merupakan program jangka panjang, program jangka pendek juga akan segera dibangunkan asrama mahasiswa di Kendari untuk mahasiswa mahasiswa kita yang menempu pendidikan tinggi di Ibu Kota Provinsi di Kendari.

“Masa daerah lain di Sultra ini ada asrama mahasiswanya, kok kita di Konsel yang berbatasan langsung dengan Kota Kendari, justru belum ada. Karena itu, jika masyarakat Konsel dab Sabulakoa dari 9 desa ini mempercayakan kepada saya dan Wahyu Ade Pratama Imran pilihlah kami di tanggal 9 Desember 2020 mendatang,”pungkasnya.

Turut hadir dalam sosialisasi Muh Endang – Wahyu diantaranya Harun Makati, Rustam Tamburaka, H Muhlis, H. Turi Sanjaya, H. Lampaga, Hj Ismiati Iskandar tokoh mssyarakat Sabulakoa Larombu dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya.

ODEK