Kalah Sengketa di MA, Lapangan Golf Pemprov Sultra Dipasangi Plang

120
Lahan Golf Sanggoleo yang terletak di Kelurahan Watubangga Kecamatan Baruga dipasangi plang setelah ada putusan MA. (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id, Kendari – Berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia nomor 196/PK/Pdt/2015, pihak ahli waris Sangga Kalenggo memenangkan sengketa lahan seluas 10,5 hektare dengan melawan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara.

Terkait putusan itu, Pengadilan Negeri Kendari telah menerbitkan Anmanning dengan nomor 20/Pen.Pdt.Anm/2009/PNK di tanggal 17 Juni 2021.

Atas penerbitan Anmanning itu, pihak keluarga ahli waris Sangga Kalenggo, Senin (26/07/2021), telah melakukan pemasangan plang di area lahan sengketa itu. Tepatnya  yakni lapangan Golf Sanggoleo yang terletak di Kelurahan Watubangga Kecamatan Baruga Kota Kendari itu.

“Sengketa lahan ini dimulai pada 13 tahun lalu. Kami menangkan perkara ini di Mahkamah Agung. Tiga minggu yang lalu, Pengadilan Negeri Kendari memfasilitasi kami untuk ketemu sama perwakilan Pemprov Sultra di Biro Hukum untuk membicarakan ganti rugi yang sifatnya final dan mengikat. Namun tak ada hasil,” ujar Ramli Rahim, Juru Bicara Keluarga Sangga Kalenggo, Senin (26/07/2021).

Baca Juga :  Kembali Aktif, HIPPMAS Sultra Ajak Mahasiswa Keturunan Sinjai Berhimpun

Menurut Ramli, PN Kendari telah memberikan teguran keras kepada pemprov untuk membayar lahan yang telah dimenangkan oleh ahli waris ini.

“Jika pemprov dalam rentan waktu dua pekan dari sekarang tidak beritikad baik menyelesaikan ini, kami pihak ahli waris akan membuat aktivitas di lahan kami ini, mungkin membangun rumah,” tegasnya.

Pihak keluarga, tambahnya, menuntut pemprov membayar ganti rugi atas penguasaan lahan selama kurang 13 tahun itu.

“Kami minta ganti rugi berdasarkan NJOP saat ini yakni Rp500 ribu meter persegi,” timpalnya.

Reporter: Usan
Editor: Nursadah