Kapus Tinanggea Dicopot, Kadinkes Tunjuk Pelaksana Harian

1638
SK penunjukan pelaksana harian Kepala Puskesmas Tinanggea Muh Jahid SKM menggantikan Ilham Hilal (FOTO: IST)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Setelah dilaporkan ke pihak kepolisian atas dugaan tindak pidana korupsi, Kepala Puskesmas Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara, Ilham Hilal, akhirnya dicopot, Selasa (13/10/2020). Ia digantikan Muh Jahid SKM yang ditunjuk sebagai pelaksana harian oleh Kepala Dinas Kesehatan Konsel dr H Maharayu.

Namun demikian, keluarnya surat keputusan (SK) pencopotan dan penunjukan pelaksana harian Kapus Tinanggea itu, mendapat protes dari Samsuddin SH CIL selaku kuasa hukum Ilham Hilal. Menurutnya, pencopotan itu sangat kontroversi, mengingat status hukum atas kliennya belum ada.

“Aneh juga Kepala Puskesmas Tinanggea Ilham Hilal belum ada status hukumnya, tapi kok sudah dicopot dan telah ditunjuk pelaksana harian. SK Kepala Puskesmas Tinanggea itu dikeluarkan oleh bupati, tetapi ini pencopotannya dikeluarkan oleh Kepala dinas,” ujar Samsuddin dengan nada tanya kepada media ini, Selasa (13/10/2020).

Baca Juga :  Komunitas ATM Kawal Paslon RABU dan Siap Menangkan

Ketua HAMI Konsel itu kemudian menilai, pencopotan kliennya itu terlalu terburu-buru dan bisa disalah tafsirkan. Lagi pula kasus dugaan korupsi yang dilakukan Ilham Hilal itu belum diproses di kepolisian, serta tidak ada hasil audit dari BPKP.

“Terkait pencopotan ini akan kami pelajari dulu. Setelah itu langka hukum apa yang akan dilakukan akan ditentukan nanti,” pungkasnya.

AKBAR/NURSADAH