Kembali Bertugas sebagai Bupati, Surunuddin Minta ASN Fokus

215

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan РMengawali hari kerjanya usai cuti 71 hari, Bupati Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara, Surunuddin Dangga, langsung tancap gas. Ia  memimpin rapat koordinasi (rakor) peningkatan disiplin dan evaluasi kinerja serta netralitas ASN, Senin (7/12/2020).

Didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel Ir Drs H Sjarif Sajang, dalam rapat yang dihadiri sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) setempat ini, Surunuddin  mengimbau agar ASN bekerja seperti biasa. Tetap menegakkan disiplin dan meningkatkan etos kerja tanpa terpengaruh proses Pilkada yang saat ini sedang berjalan.

“Saya minta ASN tetap fokus menjalankan tugas dan fungsinya sebagai abdi negara. Di masa pilkada ini jangan ikut-ikutan berpolitik, nanti di TPS baru menyalurkan hak pilihnya,” tekan Surunuddin.

Disebutkan, sisiplin ASN adalah kesanggupan pegawai menaati kewajiban dan menghindari larangan yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan atau peraturan kedinasan, seperti menghindari dari aktifitas politik praktis.

“Yang apabila tidak ditaati atau dilanggar bakal dijatuhi hukuman disiplin,” tegas calon bupati petahana itu.

Di kesempatan tersebut, Mantan Ketua DPRD Konsel ini juga meminta ASN agar tidak menjelek-jelekkan pimpinan atau pemerintahan yang sah, baik secara langsung maupun melalui media sosial. Sebab, hal itu dapat merusak citra pemerintah yang semata-mata hanya mengeluarkan gagasan demi majunya suatu daerah.

Baca Juga :  10 Terduga Pelaku Pengahasutan Jalani Sidang Praperadilan Perdana

“Pegawai pemerintah tidak etis turut menjelekkan pemimpin atau pemerintah yang dipilih atau dipercaya oleh mayoritas rakyat, apalagi di ruang publik,” imbuhnya.

Untuk itu, bupati yang masa jabatannya akan berakhir pada Februari 2021 mendatang ini, juga mengimbau para ASN agar membangun kekompakan dengan penuh rasa sadar, bekerja secara profesional, transparan, dan akuntabel.

“Mari kita terus bekerja dan berupaya lebih baik dalam menjalankan roda pemerintahan yang seirama dengan tujuan yang sama menuntaskan program kerja tahun 2020, dan melanjutkan program yang tertunda di tahun 2021 untuk membangun Konsel yang Maju, terdepan, berakhlak dan bermartabat,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekda Konsel H Sjarif Sajang dalam laporannya menyampaikan bahwa sejak ditinggal cuti, penyelenggaraan roda pemerintahan tetap berjalan normal sebagaimana mestinya.

“Baik dan lancar yang patuh protokol kesehatan dan tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tandas Sjarif.

AKBAR/NURSADAH