Kemenkumham Sulsel dan Sultra Kerjasama Sosialisasikan Balai Harta Peninggalan

37
Kepala Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Sultra Sopyan saat memberikan sambutan. (FOTO : LAN)

BeritaRakyat.id,. Kendari – Balai Harta Peninggalan (BHP), hadir untuk mewakili dan mengurus kepentingan masyarakat yang karena hukum atau keputusan hakim tidak dapat menjalankan sendiri kepentingannya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Namun demikian, lembaga yang bernaung di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) ini, belum begitu dikenal khalayak.

Hal ini pun mendorong Kemenkumham Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Sulawesi Selatan (Sulsel) bekerjasama mengadakan sosialisasi tentang keberadaan dan fungsi BHP tersebut.

Dalam sosialisasi yang digelar di Kota Kendari ini, pihak kemenkumham mengundang sejumlah pihak terkait hingga tokoh-tokoh masyarakat.

Kepala Devisi Pelayanan Hukum dan HAM Kemenkumham Sulsel, Sri Yuliyani mengatakan, dalam sosialisasi ini, BPH diperkenalkan sebagai wadah peningkatan pelayanan publik di bidang harta peninggalan pada masyarakat.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk menyebarluaskan informasi kepada instansi terkait dan masyarakat tentang tugas dan fungsi Balai Harta Peninggalan. Diharapkan masyarakat mampu memanfaatkan layanan pada Balai Harta Peninggalan,” tutur Sriyuliani, di sela-sela kegiatan sosialisasi tersebut.

Baca Juga :  Anggota DPD RI Sosialisai Empat Pilar Kebangsaan di Konsel

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sultra, Sofyan, dalam sambutannya mengatakan, di bawah naungan kemekumham, BHP memiliki peranan yang sangat penting.

Di Indonesia, kata dia, hanya ada lima BHP yang didirikan di Makassar untuk Indonesia Timur, kemudian Medan, Semarang, Surabaya, dan DKI Jakarta.

“Fungsi BHP sangat luar bisa, andilnya masuk ke semua lini. Ini yang patut kita perhatikan semua,” tuturnya.

Lebih lanjut Sofyan menjelaskan, BHP adalah salah satu UPT yang memberikan layanan kepada masyarakat, khususnya soal kewarisan ataupun putusan kepailitin.

“Saya harap peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat menularkan materi yang didapat di sini kepada masyarakat umum,” tukasnya.

LAN/NURSADAH