KPPN Kolaka Serahkan DIPA 2021 ke Pemda Kolaka

18
Foto bersama usai penyerahan DIPA 2021 ke Pemda Kolaka. (FOTO: YUSRI)

BeritaRakyat.id, Kolaka – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kabupaten Kolaka menyerahkan secara simbolis Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun anggaran 2021 kepada satuan kerja Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka, Senin (07/12/2020).

Kepala KPPN Kolaka Arief Rokhman mengatakan, DIPA 2021 senilai Rp1,03 triliun bisa direalisasikan secepatnya sesuai instruksi presiden kepada semua kementerian dan lembaga maupun Pemda Kolaka.

“Agar di bulan Desember ini bisa dikontrakkan atau dilelang, Januari sudah bisa cair, atau misalnya ada uang muka, bisa langsung dimintakan di awal tahun dan tidak boleh di bulan Februari 2021,” kata Arief.

Sementara itu, Bupati Kolaka H Ahmad Safei mengungkapkan, APBD 2021 telah ditetapkan DPRD dan sudah sinkron saat ini. Semua sudah masuk di RUUPS, sehingga ini bisa mempercepat realisasi pembelanjaan.

“Ini sudah berjalan ada beberapa teman-teman yang sudah masukkan utamanya terhadap pelelangan untuk
konsultan, sudah berjalan semua. APBD kita juga sudah diketuk, saya kira sduah on the track lah,” ungkap Safei di sela-sela penyerahan DIPA tersebut.

Baca Juga :  Golkar Solidkan Dukungan untuk Menangkan Surunuddin - Rasyid di Pilkada Konsel

Untuk diketahui, dana transfer daerah bagi Kabupaten Kolaka dianggarkan senilai Rp1,03 triliun.

Adapun alokasi belanja kementerian/lembaga lingkup Pemda Kolaka, Kolaka Timur, dan Kolaka Utara di 2021 adalah senilai Rp490,638 miliar yang akan dialokasikan kepada 55 Satuan Kerja dan disalurkan melalui KPPN Kolaka. Alokasi pagu tersebut terdiri dari pagu belanja pegawai senilai Rp211,7 miliar, belanja barang Rp172,6 miliar,  belanja modal sebesar Rp 106,1 miliar, dan belanja bantuan sosial senilai Rp42 juta.

YUSRI/NURSADAH