KPU Konsel Gelar Debat Publik Paslon Kada Terbuka, Tertutup untuk Umum

133
Pemeriksaan ketat kepada setiap peserta yang akan menghadiri debat kandidat Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Konsel. (FOTO: AKBAR)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara menggelar debat Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Konsel. Tahapan debat untuk tiga pasangan calon kepala daerah (kada) yang digelar di salah satu hotel di Ranomeeto ini dijadwalkan berlangsung pukul 20.00 WITa.

Pelaksanaan tahapan debat paslon oleh KPU Konsel dilakukan secara terbuka, namun tertutup untuk umum, dikarenakan masih suasana pandemi Covid-19, sehingga setiap peserta yang akan menghadiri debat harus diperiksa sesuai protokol kesehatan. Puluhan personel kepolisian telah disiagakan untuk memeriksa setiap tamu yang hadir. Jika tidak mengantongi id card yang dibuat oleh KPU dipastikan tidak bisa masuk. Termasuk yang tidak menggunakan masker.

“Kami hanya melaksanakan tugas. Tamu yang hendak masuk area pelaksanaan debat kandidat akan dilakukan pemeriksaan. Yang tidak menggunakan id Card dan masker tidak diizinkan masuk area pelaksanaan debat,” ujar salah seorang Perwira Polres Konsel di pintu masuk hotel.

Baca Juga :  Sarlinda Mokke Resmi Gantikan Endang SA di DPRD Sultra

Sementara itu ketua KPU Konsel Aliudin mengakui pembatasan untuk menghadiri debat kandidat itu karena masih suasana pandemi Covid. Tim paslon yang hadir juga terbatas, sehingga ini harus dimaklumi.

“Mudah-mudahan semua berjalan lancar dan terselenggara dengan baik,” katanya singkat.

Sementara itu, dari pantauan media ini, Paslon Kada Konsel yang pertama hadir di lokasi debat adalah Rusmin Abdul Gani – Senawan Silondae dan beberapa menit kemudian disusul pasangan Surunuddin Dangga – Rasyid, dan terakhir pasangan Muh Endang – Wahyu Ade Pratama Imran.

AKBAR/NURSADAH