KPU Konsel Lantik 40 Relawan Demokrasi

125
Ketua KPU Konsel Aliudin (membelakang) saat mengukuhkan relawan demokrasi untuk Pilkada Konsel. (FOTO : AKBAR)

BeritaRakyat.id., Konawe Selatan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara, melantik 40 Relawan Demokrasi di salah satu Hotel di Ranomeeto, Kamis (01/10/2020).

Sejumlah relawan tersebut terdiri dari 10 basis antara lain basis keluarga, pemilih perempuan, pemilih disabilitas, pemilih marginal, pemilih keagamaan, pemilih pemula, pemilih muda, basis komunitas, basis berkebutuhan khusus, dan basis warga internet.

Ketua KPU Konsel, Aliudin mengatakan relawan yang telah ditetapkan ini yang akan membantu KPU Konsel mensosialisasikan tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati yang akan digelar 9 Desember mendatang.

“Nama-nama yang telah ditetapkan, selanjutnya akan mengikuti bimbingan teknis,” jelas Aliudin di sela-sela pelantikan yang digelar malam hari ini.

Baca Juga :  Agista Ariani Beri Motivasi UKM Binaan Dekranasda di Kolaka

Katanya, peran relawan demokrasi berdasarkan hasil rapat pleno KPU Konsel nomor 173 yaitu dalam rangka peningkatan partisipasi pemilih, mengajak pemilih untuk melaksanakan hak konstitusionalnya, sekaligus membangun pemahaman tentang regulasi pemilih.

“Menekan warga yang Golput sehingga partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum kali ini dapat sesuai target KPU Konsel,” imbuhnya.

AKBAR/NURSADAH