KPU Tetapkan Tiga Pasangan Calon Peserta Pilkada Konsel

390
Ketua KPU Konsel Aliudin saat menyerahkan Surat Keputusan KPU tentang penetapan pasangan calon kepada salah satu LO Paslon Bupati dan Wakil Bupati Konsel. (FOTO : AKBAR)

BeritaRakyat.id,. Konawe Selatan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menetapkan tiga Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan Tahun 2020. Penetapan paslon tersebut dilaksanakan dalam rapat pleno terbuka yang dilaksanakan Hotel Wonua Monapa dan Resort di Ranomeeto, Rabu, (23/09/2020).

Pasangan calon yang ditetapkan dalam surat keputusan nomor 104/PL.02.3/KPU/7405/KPU-Kab/IX/2020 Tentang penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan Tahun 2020. Tiga nama yang ditetapkan itu berdasarkan hasil pendaftaran di KPU Konsel pada tanggal 4-6 September 2020 masing masing pasangan Muhammad Endang SA, S.Sos, M.AP – H. Wahyu Ade Pratama Imran SH, pasangan H. Surunuddin Dangga ST, MM – Rasyid, S.Sos, M.Si dan pasangan calon Rusmin Abdul Gani SE – Senawan Silondae.

Berita acara hasil pleno KPU tentang penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati tersebut, selanjutnya diserahkan kepada pasangan calon melalui Loision Officer (LO) oleh Ketua KPU Konsel Aliudin dan disaksikan empat komisioner lainnya dan disaksikan oleh Komisioner Baswaslu Konsel.

“Setelah kami melakukan verfikasi faktual atas syarat syarat calon pasca mendaftar di KPU Konsel pada tanggal 4 – 6 September lalu, tiga pasangan calon telah memenuhi syarat dan ditetapkan sebagai peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan Tahun 2020,”ujar Ketua KPU Konsel Aliudin.

Menurutnya, tiga pasangan calon yang mendafatar di KPU dengan syarat dukungan partai politik pemilik kursi minimal 7 kursi dari 35 kursi di DPRD Konsel telah terpenuhi. Pasangan Endang – Wahyu diusung tiga Parpol masing masing Demokrat 4 kursi, PAN 3 kursi dan Gerindra 5 kursi, Pasangan Surunuddin Dangga -Rasyid diusung Partai Nasdem 5 Kursi, PKS 1 kursi, PKB 2 kursi, PBB 1 kursi dan Golkar 6 kursi serta pasangan Rusmin Abdul Gani – Senawan Silondae diusung PDIP 5 kursi, Hanura 2 kursi dan PPP 1 kursi.

Baca Juga :  Pemuda Kecamatan Wonggeduku Dukung ASR Jadi Gubernur Sultra

“Begitu juga disyarat kesehatan, fsikologi dan narkoba semuanya telah memenuhi syarat, termasuk dokumen administrasi lainnya sudah memenuhi syarat. Untuk itu KPU Konsel menetapkan tiga pasangan calon ini sebagai peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konsel Tahun 2020,”jelasnya.

Mantan Ketua PPK Lainea itu menambahkan, setelah penetapan pasangan calon, tahapan selanjutnya adalah pengundian nomor urut pasangan calon yang akan dilaksanakan pada keesokan harinya, yakni tanggal 24 September 2020. Seterusnya tiga pasangan calon ini akan melaksanakan tahapan kampanye sejak tanggal 26 September – 5 Desember 2020.

“Untuk jadwal kampanye pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Konsel akan kami sosialisasikan pada tanggal 25 September. Kegiatan ini pasangan calon melalui LO atau tim pemenangan calon akan kami undang,”tandasnya.

AKBAR