Laksanakan Operasi Lilin, Anggota Polres Kolaka Diminta Siapkan Mental dan Fisik

17
Kapolres Kolaka AKBP Saiful Mustofa saat mengecek pasukan di alun-alun 19 November Kabupaten Kolaka. (FOTO: YUSRI)

BeritaRakyat.id, Kolaka – Jelang natal dan tahun baru, aktivitas masyarakat mengalami peningkatan yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kabtibmas). Bahkan,  di tengah situasi pandemi saat ini, rawan memunculkan klaster baru penyebaran virus corona (Covid-19) sehingga kegiatan yang menimbulkan keramaian sebisa mungkin dibatasi.

Hal ini pun menjadi perhatian pihak
Kepolisan Resor  (Polres) Kolaka dalam melaksanakan Operasi Lilin tahun ini. Terlebih penyebaran virus corona (Covid-19) masih mengkhawatirkan.

“Kita menyadari dinamika perkembangan masyarakat apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan perayaan natal dan tahun baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19,” tegas Kapolres Kolaka
AKBP Saiful Mustofa dalam gelar apel  Pasukan Operasi Lilin Anoa 2020, Senin (21/12/2020), di Alunalun Lapangan 19 November Kolaka.

Saiful menekankan, dalam pelaksanaan operasi tersebut, anggota Polres Kolaka ditekankan untuk menentukan langkah antisipasi yang proaktif serta bersikap efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakteristik kerawanan pada masing-masing daerah.

“Sapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat,” tekannya.

Baca Juga :  Kunjungi Warga Korban Angin Puting Beliung, Wali Kota Kendari Janji Bantu Benahi Rumah Warga

Kegiatan pengamanan ini pun, lanjutnya, mesti dilakukan secara profesional dan humanis. Petugas kepolisian harus memberikan pelayanan terbaik dalam melaksanakan penegakan hukum secara
profesional dan proporsional.

“Polri juga akan bertindak secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi. Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih,” pintanya.

Sementara itu, dalam kegiatan apel tersebut, Saiful mengecek langsung kesiapan anggotanya baik dari aspek personel maupun sarana prasarana yang dipastikannya aman.

YUSRI/NURSADAH