Laporan ASN Terlibat Politik Praktis di Konsel Tak Pernah Kosong

432
Ketua Bawaslu Konsel, Hasni (FOTO: AKBAR)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Semakin mendekati tahapan pencoblosan. Berbagai persiapan demi kelancaran Pilkada terus dimatangkan, termasuk fungsi pengawasan dari pihakĀ  badan pengawas pemilu (Bawaslu) setempat.

Ketua Bawaslu Konsel, Hasni mengatakan, salah satu yang menjadi fokus pengawasan pihaknya saat ini adalah aparatur sipil negara (ASN) yang terlibat politik praktis. Katanya, laporan terkait pelanggaran abdi negara tersebut tak pernah kosong.

“Laporan terkait netralitas ASN, Bawaslu Konsel tidak pernah kosong memproses sampai ke pengadilan,” ucap Hasni, saat ditemui, Kamis (08/10/2020).

Dikatakan, ASN yang dilaporkan tak netral dengan bukti video dan percakapan di media sosial telah ditindaklanjuti. Bahkan ada yang tengah ditangani secara pidana.

Baca Juga :  Workshop Jurnalistik di Empat Kota Berbeda, Ini Keynote Speaker dan Narasumbernya

“Sampai saat ini, mulai dari kemarin sudah ada penyidikan dari kepolisan dan kita dari Bawaslu Konsel sudah naikkan ke penyelidikan. Nanti ditunggu prosesnya, ” ungkap Hasni.

Selain itu, lanjut Hasni, ada beberapa kasus yang baru masuk dan saat ini juga tengah ditangani.

“Kita liat perkembangan, tergantung dari pemenuhan syarat formil dan materilnya lalu diproses oleh kepolisian, kejaksaan dan gakkumdu. Sekarang ini sudah diproses, ” imbuhnya.

AKBAR/NURSADAH