Lolos Dari Putusan Sela MK, Paslon Ewako Siapkan Pembuktian dan Saksi di Sidang Lanjutan PHP

1779
Screenshot jadwal persidangan selanjutnya Gugatan PHP Pilkada Konsel

BeritaRakyat.id, Jakarta – Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi RI secara berturut turut membacakan putusan sela terhadap pemohon atas Perselisihan Hasil Pilkada (PHP) serentak sejak tanggal 15 -17 Februari 2021. Dari empat daerah di Sulawesi Tenggara yang mengajukan gugatan PHP di MK RI hanya Kabupaten Konawe Selatan yang dinyatakan lanjut untuk persidangan selanjutnya. Sementara tiga kabupaten lainnya seperti Konawe Kepulauan, Muna dan Wakatobi terhenti di putusan sela.

Lanjut dipersidangan selanjutnya dengan agenda sidang pembuktian dan pemeriksaan saksi serta saksi ahli, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan Muhammad Endang SA, S Sos, SH M AP – H Wahyu Ade Pratama Imran SH telah menyiapkannya untuk pembuktian dan pengajuan saksi di MK pada tanggal 3 Maret 2021 mendatang.

“Sejak awal kuasa hukum Paslon Ewako berkeyakinan bahwa gugatan PHP di MK bakal lolos dari putusan sela majelis Hakim MK RI. Untuk itu tim paslon akan siap menghadapi dan membuktikan kepada majelis hakim terkait gugatan paslon di MK,”ujar Koordinator tim Saksi Paslon Ewako Muhmamad Fitra Ridha melalui pesan whatsapp kepada media ini, Kamis (18/02/2021).

Menurut Ridha (sapaan akrab Muh Fitra Ridha) dalam pembacaan amar putusan sela majelis hakim atas gugatan paslon peserta Pilkada di MK Sejak hari Senin – Rabu, Kabupaten Konawe Selatan tidak masuk dalam draf putusan sela yang akan dibacakan. Artinya Konawe Selatan akan lanjut dalam persidangan selanjutnya.

Baca Juga :  Soal Dugaan Mafia Proyek di Mubar Kejari Muna Periksa Tiga Pokja

“Dari yang kami dapat, Konawe Selatan sudah ada jadwal persidangan selanjutnya yakni pada tanggal 3 Maret 2021 untuk mengikuti sidang selanjutnya di MK. Terkait hal itu baik dari kuasa hukum maupun tim saksi sudah sangat siap untuk membuktikan adanya pelanggaran dalam Pilakada Konsel 9 Desember lalu,”terangnya.

Lanjut Ridha, terkait apakah persidangan akan dilakukan secara tatap muka di MK atau melalui virtual, kuasa hukum dan saksi yang akan diajukan dipersidangan akan selalu siap.

“Teknis persidangan kami belum ketahui, tetapi tim paslon Ewako sangat siap mengikuti petunjuk dari majelis Hakim MK. Mrnghadirkan saksi dan bukti di persidangan tatap muka atau virtual sudah sangat siap. Tentu harapannya adalah petitum yang diajukan dapat dikabulkan oleh majelis hakim,”tandasnya.

TIM