MK Tolak Gugatan PHP Endang – Wahyu

3517
Tim kuasa hukum pasangan Bupati dan Wakil Bupati Konsel Surunuddin - Rasyid saat melakukan konfrensi pers usai mengikuti putusan sidang PHP MK RI secara virtual di Claro Hotel. (FOTO : ODEK)

BeritaRakyat.id,.Kendari – Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Kepala Daerah Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan menolak permohonan pemohon pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati dan Wakil Bupati Konsel Muhammad Endang SA – H Wahyu Ade Pratama Imran. Pleno keputusan MK yang dipimpin langsung Ketua MK Anwar Usman itu secara tegas menolak seluruh delik aduan pemohon di MK RI.

Putusan MK RI tentang penolakan sengketa PHP Konsel yang diajukan Paslon Ewako tersebut diawali dengan pembacaan hasil eksepsi pemohonan dengan seluruh dalil -dalil yang diajukan secara keseluruhan ditolak dan tidak dapat diproses secara hukum di MK RI oleh anggota majelis hakim Wahidiuddin Adam dalam sidang keputusan yang dilaksanakan di MK RI, Jumat, (19/03/2021).

“Menimbang bahwa berdasarkan pertimbangan hukum mahkamah berpendapat, permohonan pemohon tidak beralasan demi hukum,” ucap Ketua MK Anwar Usman.

Selain itu lanjut dia, eksepsi termohon dan pihak terkait mengenai permohonan pemohon tidak jelas atau kabur dan tidak beralasan demi hukum. Sehingga berdasarkan Undang-undang Nomor 24 tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi tentang amar putusan mengadili menolak seruh gugatan pasangan yang berakronim Ewako.

Baca Juga :  Antisipasi Penyebaran Covid-19, Polres Kolaka Semprotkan Disinfektan

“Menolak seluruh aduan pemohon yang diajukandi MK sesuai Undang-undang nomor 24 tahun 2003 untuk disampaikan kepada termohon untuk segera melaksanakan putusan MK dengan menetapkan pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih,”tandasnya.

Di tempat terpisah kuasa hukum pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Konsel Surunuddin – Rasyid, Samsuddin SH memyapikan rasa syukurnya atas putusan majelis hakim MK yang menolak permohanan PHP pemohon.

“Pastinya dari awal kami berkeyakinan bahwa MK bakal memutuskan dengan menolak gugatan PHP oleh pemohon. Kami juga berharap KPU segera menetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih yakni Bapak Surunuddin Dangga ST MM – Rasyid S.Sos M.Si,”katanya singkat

Sementara itu Komisioner KPU Konsel Sakirman mengatakan bila hasil putusan di MK akan segera dilaksanakan setelah lima hari pasca putusan MK.

“Insyaa Allah KPU Konsel akan melaksanakan rapat pleno penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan terpilih, setelah KPU menerima amar putusan Majelis hakim MK,”katanya singkat.

ODEK