MTQ 2020 Dilaksanakan Virtual, Konsel Tuan Rumah 2022

102
Kepala Bagian Kesrah Setda Konsel, Hamlin Ode Maka, dalam suatu kegiatan. (FOTO: IST)

BeritaRakyat.id,. Konawe Selatan – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat  Provinsi Suawesi Tenggara (Sultra) 2020 yang rencananya dilaksanakan di Kabupaten Konawe Selatan, dibatalkan karena masih mewabahnya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) . Namun, agenda dua tahunan ini tetap akan jalan dengan pelaksanaan secara virtual dari masing-masing kabupaten/kota se-Sultra.

“Semua peserta dari kabupaten melaksanaan kegiatan di kabupaten/kota dan dilakukan penilaian oleh dewan hakim di Ibu Kota Provinsi di Sultra,”ujar Kepala Bagian Kesrah Setda Konsel, Hamlin Ode Maka, kepada media ini, Kamis (10/09/2020).

Hamlin mengaku, untuk pelaksanaan MTQ secara virtual, Konsel telah siap mengikuti kegiatan yang akan dilaksanakan pada  21 -25 September 2020. Untuk tempat pelaksanaan lomba bagi peserta dari Qory dan Qorya Konsel, adalah di Kantor Dinas Kominfo Konsel. Di tempat itu seluruh fasilitas elektronik untuk MTQ virtual sudah siap.

“Peserta MTQ untuk semua cabang sebanyak 45 orang sudah siap. Peserta yang direkrut melalui Kemenag Konsel itu sudah siap tampil. Panitia dalam hal ini dari Pemda Konsel juga sudah menyiapkan akomodasi bagi peserta, termasuk kebutuhan lainnya. Insyaa allah Konsel siap meraih prestasi dari hajatan tersebut, meski dilakukan secara virtual atau tanpa penonton dan juga sebagai tuan rumah,” akunya.

Baca Juga :  Amankan Shalat Tarawih, Polsek Kolaka Kerahkan Babinkatibmas Disetiap Masjid

Mantan Kepala Bidang di Dinas Koperasi dan UKM  ini menambahkan, penunjukan Konsel sebagai tuan rumah penyelenggara MTQ tingkat provinsi dilaihkan ke 2022 nanti. Itu sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Sultra  yang tetap menunjuk Pemda Konsel sebagai tuan rumah penyelenggara.

“Untuk anggaran pelaksanaan kegiatan MTQ tingkat provinsi tahun 2020 yang dialokasikan untuk penyelenggara telah direfocusing untuk penanaganan dan pencegahan Covid-19. Lainnya dialokasikan untuk pelaksanaan MTQ secara virtual,” tutupnya.

AKBAR/NURSADAH