Optimalkan Sumber Bibit Sapi Bali, Balai Besar Veteriner Maros Sosialisasi di Konsel

47

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Dalam rangka memperkuat koordinasi dan sinergitas program peningkatan pelayanan kesehatan hewan pada wilayah sumber bibit sapi, Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian RI, melalui Balai Besar Veteriner Maros melakukan sosialisasi di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Konsel Dr Arsalim Arifin dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam mengotimalkan pengelolaan sumber bibit sapi khususnya pada aspek kesehatan hewan.

“Kami sangat mengapresiasi atas terobosan yang dilakukan oleh Balai Besar Veteriner Maros untuk melakukan pendampingan dalam mengoptimalkn pengelolaan sumber bibit sapi dan ini tahap awal, ” terang Arsalim di Aula Kantor Bupati Konsel, Rabu (21/10/2020).

Di lokasi yang sama, Kepala Balai Besar Veteriner Maros Risman Mangidi mengatakan, pihaknya akan melakukan terobosan untuk mengoptimalisasi pengelolaan wilayah sumber bibit Sapi Bali. Seperti diketahui, Konsel telah ditetapkan oleh menteri pertanian menjadi sumber wilayah bibit Sapi Bali sejak 2016 lalu.

Baca Juga :  Terdampak Demo Anarkis di Morosi, Warga Mengeluh Tak Bisa Berjualan

“Kami melihat tiga tahun setelah itu belum ada gerakan sama sekali untuk pengelolaannya, sehingga kami berinisiatif sebagai salah satu pelaksana tekhnis di bawah Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian,” ucap Risman.

Dalam program ini, lanjut Risman, pihaknya juga melakukan pendampingan dan pengawalan untuk wilayah sumber bibit sapi, terutama untuk mencegah penyakit yang berdampak terhadap reproduksi ternak sapi tersebut.

“Terobosan yang kami lakukan ini sedikit berbeda dan sedikit keluar dari intruksi, tetapi ini masih berkaitan dengan peternakan. Untuk menghasilkan ternak yang berkualitas dan berproduksi dengan baik harus ada pendampingan dan pengawalan langsung dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat,” bebernya.

AKBAR/NURSADAH