Optimis Lolos dari Putusan Sela, Gugatan Ewako Bakal Lanjut di Sidang MK

2375
Safarullah SH MH

BeritaRakyat.id, Kendari – Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia (RI) akan membacakan putusan sela sengketa hasil Pilkada 2020 lalu, pada 15 Februari mendatang. Empat sengketa hasil Pilkada dari Sulawesi Tenggara (Sultra) kemudian diyakini lolos dari putusan sela itu dan akan berlanjut pada sidang pembuktian dan pemeriksaan saksi.

Keyakinan untuk lolos dari putusan sela itu disampaikan Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sultra Safarullah SH MH. Terlebih, khususnya permohonan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan, Endang-Wahyu (Ewako), dianggap memenuhi ambang batas dari apa yang menjadi delik aduan di MK terkait sengketa hasil Pilkada.

“Kami berkeyakinan putusan sela yang akan diputuskan oleh Hakim Mahkamah Konstitusi, gugatan paslon Ewako bakal lanjut ke tahap sidang berikutnya yakni pembuktian dan pemeriksaan saksi dan selanjutnya diputuskan sesuai jadwal di bulan Maret mendatang,” ungkap Safarullah kepada media ini, saat ditemui di sela-sela acara HUT Gerindra Sultra, Sabtu (06/02/2021) malam.

Safarullah yang juga pengacara itu mengaku, dari aduan yang diajukan tim paslon Ewako terkait adanya sejumlah pelanggaran dalam pelaksanaan Pilkada Konawe Selatan, akan menjadi pertimbangan majelis hakim untuk memutus bahwa gugatan Ewako dapat lanjut dari putusan sela.

Baca Juga :  Beri IRT Pemahaman Digitalisasi, Pemkab Kolaka Gelar DEA

“Sejumlah pelanggaran dan diakui oleh penyelenggara itu terjadi adanya perhitungan surat suara di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Laonti. Selain itu, ada pemilih yang menggunakan hak pilihnya tetapi tidak terdaftar dalam daftar pemilih di TPS di Kecamatan Laeya,” sebutnya.

Hal senada diungkapkan Muh Fitra Ridha selaku tim saksi dari paslon Ewako. Untuk itu, aku dia, bukti-bukti yang diajukan pada sidang gugatan di MK telah disiapkan untuk pembuktiannya, termasuk saksi-saksi juga telah siap untuk memberikan keterangan dihadapan Majelis Hakim MK.

“Kami tetap optimis, gugatan paslon Ewako akan lanjut dalam persidangan selanjut setelah putusan sela majelis hakim MK. Bukti-bukti dan saksi yang akan diajukan dalam sidang telah disiapkan,” ujarnya.

ODEK/NURSADAH