Partai Hanura Beralih Dukung Rajiun – La Pili di Pilkada Muna

333
Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Muna Rajiun Tumada - La Pili dapat usungan Partai Hanura di Pilkada Muna 9 Desember 2020. (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id,. Kendari – Gagal mengusung Syarifuddin Uddu di Pilkada Muna, Partai Hanura kini mengalihkan dukungan ke pasangan LM Rajiun – La Pili. Pasangan ini pun telah mengantongi formulir B.1-KWK dari partai besutan Wiranto itu.

Pemberian formulir kepada pasangan berakronim Rapi ini tertuang dalam Surat Keputusan Nomor: 226/B.3/DPP-HANURA/IX/2020 tentang persetujuan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) periode 2020-2024.

Surat tersebut ditetapkan di Jakarta tertanggal 4 September 2020, ditandatangani langsung Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta dan Sekretaris Jenderal, Gede Pasek Suardika.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura Sultra, Wa Ode Nurhayati, mengaku baru mengetahui adanya formulir B.1-KWK yang diberikan kepada pasangan Rajiun – La Pili.

“Kalau itu saya baru saja dapat dan saya baru tau. Mungkin itu diambil alih langsung DPP, karena batas waktu yang diberikan kepda Syarifuddin Uddu sudah habis,” kata Wa Ode Nurhayati saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Jumat ( 4/09/ 2020).

Wanita yang akrab disapa WON ini mengaku, lebih berharap dukungan Hanura di Pilkada Muna diberikan kepada Rusman Emba.

Baca Juga :  Sejumlah Nelayan Menerima Bantuan Mesin Perahu Berbahan Bakar Gas dari Pusat

“Jujur saja, saya secara pribadi dengan suasana kebatinan saya sesungguhnya lebih memilih Rusman Emba, ” akunya.

Namun demikian, apa yang diputuskan DPP itulah yang harus diterima. Mengenai konsistensi mendukung Rajiun – La Pili, ia menyerahkan kepada pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura yang ada di Muna.

“Saya persilahkan teman-teman DPC menjabarkan itu,” tandanya.

Diketahui, sebelumnya Hanura merekomendasikan Syarifuddin Uddu untuk bertarung di Pilkada Muna. Namun, dalam perjalanan Syarifuddin tidak mampu mendapat dukungan dari partai lain untuk memenuhi syarat dukungan partai politik.

Di DPRD Muna, Hanura hanya memiliki lima kursi sementara yang disyaratkan KPU, pasangan calon minimal diusung partai atau gabungan partai dengan perolehan minimal enam kursi.

ODEK/NURSADAH