Pemda Kolaka Siap Maksimalkan Pengelolaan TPA Patioso

17
Bupati Kolaka Ahmad Safei menandatangani serah terima TPA Patioso dari Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sultra. (FOTO: YUSRI)

BeritaRakyat.id, Kolaka – Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Patioso yang selama ini dikelola Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) telah diserahkan ke Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka.

Pengelolaan TPA yang terletak di Kelurahan Induha Kecamatan Latambaga Kabupaten Kolaka itu, secara resmi diserahkan Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sultra Mustaba kepada Bupati Kolaka Ahmad Safei, Selasa (03/11/2020). Turut disaksikan ketua DPRD Kolaka Syarifuddin Baso Rantegau, serta sejumlah pejabat daerah setempat.

Dalam sambutannya, Mustaba mengatakan, pembanguan TPA Patioso sudah dilakukan sejak 2012 dan telah menelan anggaran senilai Rp7 miliar.

“Alhamdulillah, setelah balai ini ada, kami berikan wewenang untuk perbaikan dalam tahun 2020 untuk merampungkan pembangunan TPA ini sehingga Pemda Kolaka sudah menerima bangunan TPA Patioso ini,” ujar Mustaba.

Baca Juga :  Kerjasama Kadin Sultra dan Kadin Jatim, Transaksi Bisnis Tembus Ratusan Miliar

Ia pun berharap, di tangan Pemda Kolaka pengelolaan TPA tersebut lebih baik lagi.

“Pemerintah Daerah Kolaka setelah serah terima ini harus menjaga dan memelihara aset ini agar bisa bertahan lama,” pesannya.

Pesan itu langsung diamini Ahmad Safei. Di bawah kendalinya sebagai bupati, ia mengaku siap memaksimalkan pengelolaan TPA tersebut.

“Tidak dipungkiri jika sampah tidak dikelola dengan baik, masalah sampah bukan saja kepada lingkungan, tapi juga berdampak kesehatan kepada masyarakat sekitar,” ucapnya.

“Kami akan menjaga selalu aset ini hingga dimanfaatkan sebagaimana mestinya dengan waktu yang lama,” imbuhnya.

YUSRI/NURSADAH