Pemda Konsel Janji Realisasikan Pembangunan Rumah Adat di 2021

278
Sekda Konsel H. Syarif Sajang (ketujuh dari kiri) foto bersama dengan pengurus DPD LAT Konsel di acara pengukuhan DPP LAT Sultra. (FOTO : IST)

BeritaRakyat.id,. Konawe Selatan – Pembangunan rumah adat di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah diagendakan pemerintah daerah (Pemda) setempat. Rencananya akan direalisasikan 2021 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel, Sarif Sajang mengungkapkan, pembangunan rumah adat tersebut menjadi salah satu program prioritas Pemda Konsel. Seyogyanya, tahun ini sudah dianggarkan namun karena terkendala pandemi Corona sehingga diundur ke 2021.

“Insyaa Allah program Bupati Konsel H Surunuddin Dangga ST MM yang pernah beliau sampaikan pada Februari 2020 lalu masih tetap berjalan, yakni rencana pembangunan rumah adat pada Tahun 2021,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel, Sjarif Sajang, saat ditemui di Kendari usai menghadiri pengukuhan pengurus Lembaga Adat Tolaki Sultra, Rabu (26/08/2020).

Dijelaskan, tujuan pembangunan rumah adat tersebut agar dapat mempersatukan seluruh paguyuban suku yang ada di Konsel. Dengan harapan, dapat dijadikan sebagai tempat pertemuan atau kegiatan adat semua suku, khususnya Tolaki.

Baca Juga :  Foto Bersama dengan Bakal Calon Bupati, Dua Kades di Konsel Diklarifikasi Bawaslu

Selain itu, sambung Sjarif, dengan adanya rumah adat tersebut, semua suku yang ada di Konsel bisa saling bersinergi demi pelestarian budaya dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Bupati maunya tahun ini sudah beres pembahasannya terkait rumah adat, namun karena covid sehingga turut berimbas pada pembangunannya. Namun tetap masuk program prioritas tahun 2021,” tandasnya.

RANDI/NURSADAH