Pemda Konsel Tak Punya Planing Selesaikan Masalah Keuangan

288
Ketua Fraksi Demokrat DPRD Konsel Ramlan

BeritaRakyat.id., Konawe Selatan – Pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) sepertinya terus menuai masalah. Namun, pemda terkesan tidak memiliki planing atau perencanaan yang baik untuk menyelesaikan persoalan ini.

Hal itu diungkapkan salah satu Anggota DPRD Konsel, Ramlan. Kata dia, tidak jelasnya planing penyelesaian masalah keuangan itu dibuktikan dengan masih adanya sejumlah pogram pemda yang bermasalah di anggaran.

“Salah satu contoh belanja makan dan minum kegiatan MTQ tingkat provinsi tu sejak bulan April sdh diproses dgn pagu Rp 1 miliar. Padahal, saat itu sudah keluar instruksi menteri keuangan, agar segera digantikan proses pengadaan barang/ jasa, agar pemda lebih fokus ke penanganan covid – 19,” urai Ramlan, Kamis (27/08/2020).

Selain itu, lanjutnya, di tengah pandemi Corona, Pemda Konsel juga menganggarkan biaya pengaspalan jalan di Moramo Utara senilai Rp 1,8 miliar. Ini juga menimbulkan pertanyaan, sebab di tengah pandemi saat ini, pemda mestinya lebih konsen menyiapkan anggaran untuk penanganan Covid-19 dibanding pengerjaan proyek lainnya.

Baca Juga :  Surunuddin-Rasyid Didukung Serdadu Ex-Trimatra Sultra di Pilkada Konsel

Sebelumnya, pembayaran gaji ke-13 ASN dan sertifikasi guru di Konsel yang telat dibayarkan, juga terus menuai sorotan. Hal ini pun mendorong DPRD Konsel menjadwal pelaksana rapat dengar pendapat (RDP) untuk membuat penjelasan dari pikah pemda itu sendiri.

HERMAN/NURSADAH