Pengusaha Air Minum di Kolaka Diimbau Jaga Kualitas Air

29
Suasana pelaksanaan sosialisasi pengamanan kualitas air yang digelar Dinas Kesehatan Kolaka (FOTO: YUSRI)

BeritaRakyat.id, Kolaka – Mengantisipasi masuknya penyakit melalui air minum di wilayah Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara, dinas kesehatan (Dinkes) setempat menggelar sosialisasi keamanan air minum.

Kepala Dinkes Kolaka Drs Harun Masiri saat membuka kegiatan sosialisasi mengatakan, dilaksanakannya kegiatan ini untuk memberikan informasi dan edukasi kepada para pengelola air minum siap konsumsi.

“Kita berharap pengusaha air minum tetap menjaga kualitas airnya dan perlu diingat dinas kesehatan bisa memberi rekomendasi apakah depot air minum itu layak atau tidak. Jadi depot air minum harus taat aturan,” kata Harun saat membuka kegiatan tersebut, Kamis (15/10/2020).

Lanjutnya, kegiatan sosialisasi juga dimaksudkan agar para pengusaha air minum bisa memperhatikan mutu dan kualitas air. Namun, tujuan intinya adalah bagaimana melindungi masyarakat dari kualitas air yang tidak memenuhi syarat untuk dikonsumsi setiap harinya.

Harun juga menjelaskan, untuk mengetahui kualitas air minum, ada tiga hal yang selalu diperiksa dinkes yaitu fisik air, cemaran kimia, dan cemaran biologis. Bahaya yang timbul jika air tidak sehat yaitu gangguan pencernaan mulai diare dan muntaber.

Baca Juga :  Ketua Senat UHO Bakal Dilaporkan di Mabes Polri dan Kemendikbud

“Diare terjadi karena adanya mikroba patogen yang bisa merugikan konsumen atau masyarakat Kolaka,” tambahnya.

Sementara itu, dalam melakukan pengawasan Dinkes Kolaka memeriksa izin kelayakan air konsumsi di depot maupun air mineral dalam kemasan (AMDK) atau penyedia air. Bahkan untuk pemeriksaan depot di tingkat kecamatan itu ada sanitarian di puskesmas yang rutin melakukan pemeriksaan.

“Untuk saat ini jika dilihat yaitu kualitas air 60 persen dari jumlah sarana untuk Kabupaten Kolaka sudah di atas 90 persen. Secara keseluruhan maka kualitas air di Kolaka sudah memenuhi syarat yang ditetapkan secara nasional,” tandasnya.

YUSRI/NURSADAH