Perluas Akses Keuangan dan Peningkatan Ekonomi, Pemkab Konsel Bentuk TPAKD

144
Plt Bupati Konawe Selatan Dr Arsalim Arifin (ke empat dari kiri pegang mic) saat membuka kegiatan rapat implementasi tim percepatan akses keuangan daerah di Auditorium Kantor Bupati Konsel (FOTO: AKBAR)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Dalam rangka mendukung upaya perluasan akses keuangan dan peningkatan ekonomi serta pemerataan kesejahteraan masyarakat, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara (Sultra) mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan ( Konsel) membentuk tim percepatan akses keuangan daerah (TPAKD).

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Konsel, Dr Arsalim Arifin mengatakan, pembentukan TPKAD  ini baru pertama kali diadakan di Konsel.

“Kegiatan ini harus terus berkesinambungan, sehingga apa yang diharapkan bersama dapat tercapai untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Konawe Selatan,” kata Arsalim, saat membuka rapat implementasi TPAKD di Aula Auditorium Konsel, Rabu (07/10/2020).

Di kesempatan itu, Kepala Bagian Perekonomian Konsel Gunawan Syah juga mengatakan, TPAKD dapat memberikan manfaat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kapasitas usaha UMKM.

“Banyak sektor usaha UMKM yang potensial di Kabupaten Konawe Selatan dan dapat dijadikan sasaran penyediaan atau pun ditingkatkan akses keuangannya dan bisa menjadi target TPAKD,” terang Gunawan.

Baca Juga :  Kepala BPN Muna Berganti, Ini Penganti dan Agendanya

Sementara itu, Ketua OJK Sultra melalui Kabag Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan, Maulana Yusup, dalam  sambutannya  mengatakan, melalui forum TPAKD, diharapkan kemitraan strategis antara organisasi perangkat daerah (OPD) dan pelaku industri jasa keuangan dapat menciptakan sumber-sumber ekonomi kerakyatan yang baru, memperluas kesempatan kerja, dan mewujudkan pemerataan ekonomi di Konsel.

“OJK  juga mengharapkan pemerintah daerah dapat segera membentuk tim sebagaimana dimaksud untuk memperkuat sinergi antara pemerintah daerah, OJK dan pelaku industri jasa keuangan,” tandas Maulana.

AKBAR/NURSADAH