Rekap Perolehan Suara Pilkada Konsel Tingkat PPK Dimulai Besok

870
Anggota KPU Konsel Sakirman

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Hasil perhitungan suara Pilkada Konawe Selatan (Konsel) di tingkat tempat pemungutan suara (TPS) kini telah berada di masing-masig Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Hasil perhitungan melalui Form C2 KWK itu selanjutnya akan direkap mulai besok, Jumat (11/12/2020).

“Saat ini seluruh hasil perhitungan suara di TPS sudah diamankan di sekretariat PPK di 25 kecamatan se-Konsel. Hasil perhitungan yang dituangkan dalam C1 KWK dimasukkan dalam kotak suara dan mendapat penjagaan dari petugas keamanan, Panwas dan saksi paslon,” ungkap Koordinatalor Divisi Data dan Informasi KPU Konsel Sakirman kepada media ini, Kamis (10/12/2020).

Menurut Sakir, rekap hasil perolehan suara Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kosel dijadwalkan 11 – 14 Desember 2020. Hasilnya ditetapkan dalam rapat pleno di masing-masing PPK untuk selanjutnya disampaikan ke KPU.

“Untuk rekap kecamatan di KPU dijadwalkan mulai tanggal 14 -16 Desember 2020. Setelah itu KPU akan melakukan pleno hasil perolehan suara masing-masing pasangan calon untuk kemudian diumumkan, sebelum dilakukan pleno penetapan pasangan calon terpilih oleh KPU,” ungkapnya.

Baca Juga :  Sosialisasi PTSL di Maligano, BPN Muna Target Pemetaan Lengkap

Mantan Ketua PPK Laonti itu mengakui, ada riak-riak pasca perhitungan suara di 632 TPS se-Konsel dengan adanya klaim kemenangan paslon. Namun demikian, disampaikan kepada seluruh masyarakat dan pasangan calon untuk menunggu hasil akhir dan pengumuman dari KPU Konawe Selatan.

“Memang sudah ada paslon yang mengklaim memenangkan Pilkada, tetapi hasil akhir ada di KPU dan penyelenggara akan melakukan yang terbaik untuk melakukan rekap dan menetapkan pasangan calon. Jadi tunggu saja hasil akhir dari KPU,” tandasnya.

AKBAR/NURSADAH