Pilkada di Tengah Pandemi, Begini Strategi Pengamanan Polres Konsel

143
Kapolres Konsel AKBP Erwin Pratomo SIK (FOTO : DOK)

BeritaRakyat.id, Konawe Selatan – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun ini dinilai berat dan berbeda dari sebelumnya. Khususnya pihak kepolisian, selain harus bertugas melakukan pengamanan, juga harus memastikan semua warga taat pada protokol kesehatan Covid-19.

Seperti diketahui, salah satu daerah yang akan menggelar Pilkada serentak di 2020 ini adalah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Di daerah ini, pihak kepolisian setempat sudah menyiapkan strategi tersendiri untuk memastikan pesta demokrasi lima tahunan itu berjalan sukses mesi di tengah pandemi Covid-19.

Kapolres Konsel, AKBP Erwin Pratomo saat dimintai keterangan mengaku, hingga kini pihaknya telah merumuskan dan menyiapkan langkah-langkah strategis.

“Dalam pelaksanaan Pilkada, kami akan melaksanakan patroli skala besar untuk pengamatan dan pengamanan wilayah juga pemetaan potensi kerawanan terakhir jelang pemilihan, ” ungkap Erwin, Jumat (13/11/2020).

Baru-baru ini, akunya, sudah dilakukan pengecekan Linmas untuk pemetaan kekuatan pengamanan Pilkada yang akan digelar 9 Desember mendatang.

“Ini (Linmas, red) akan bantu kita mendukung kekuatan Polri dalam pengamanan. BKO dari brimob nusantara Satbrimob Polda Bali kurang lebih 100 personel akan membantu di Konsel, pergerakannya yakni ikatan kompi ditebalkan pengamanannya di perkantoran, seperti KPU, Bawaslu, Polres, terlebih di gudang logistik. Sedangkan obyek vital lainnya yaitu gabungan antara Satuan Dalmas Sat Sabara dan Brimob Nusantara,” jelasnya.

Baca Juga :  Rajiun Tumada Bakal Nyalon Lagi di Pilbub Muna Tahun 2024

Sejauh ini, lanjutnya, selain mendampingi satuan tugas untuk merapikan dan penerbitan alat peraga kampanye (APK) yang melanggar, pihaknya juga melakukan patroli anti money politik.

“Polres konsel sudah siapkan dan petakan action plan untuk antisipasi serangan fajar,” katanya.

Lebih lanjut dipaparkannya, lima hari jelang pemungutan suara, pihaknya juga akan mengecek kesiapan penyelenggara pemilu dan kelengkapan sarana -prasarana porotokol covid seperti alat pelindung diri (APD) dan lainnya.

Sedangkan hari pelaksanaan pemungutan suara, Polres Konsel telah memetakan TPS rawan dan aman.

“Hari H tentunya dari ratusan TPS di Konsel ada yang aman dan rawan, kita sudah siapkan semua TPS dijaga dua orang, tapi untuk kategori rawan kita pertebal sekurang-kurangnya empat pengaman dan bahkan delapan orang,” tutupnya.

AKBAR/NURSADAH